Sukses

Wanita Tertua di Dunia, Lebih dari 90 Tahun Konsumsi Telur

Sejak usia Emma 20 tahun, ia sudah mengonsumsi tiga telur setiap hari.

Liputan6.com, New York- Seluruh rambut Emma Moreno sudah putih walau masih nampak tebal. Kerutan-kerutan juga nampak jelas di wajahnya, terutama saat ia tersenyum. Kerutan yang muncul makin menjelaskan Emma sudah tua.

Ya, pada Desember nanti Emma akan merayakan hari jadi ke-117 tahun. Wanita asal Italia kelahiran 1899 ini memang sejak pertengahan tahun dinobatkan menjadi wanita tertua di dunia.

Emma Moreno

Seperti kebanyakan orang tertua di dunia, banyak yang bertanya rahasia panjang umur Emma. Ia pun menjawab mengenai kebiasaannya makan telur. Emma mengaku sudah hampir satu abad mengonsumsi telur setiap hari.

"Aku mengonsumsi dua telur setiap hari. Juga kue. Namun aku tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan lainnya karena sudah tidak punya gigi," tutur Emma mengutip Today, Rabu (9/11/2016).

Kebiasaan makan telur dimulai saat Emma berusia 20 tahun. Saat itu Emma mengalami anemia. Sehingga dokter menyarankan untuk mengonsumsi tiga telur setiap hari. Dua telur dikonsumsi mentah lalu sisanya dimasak. Sudah lebih dari 90 tahun Emma mengonsumsi telur atau lebih dari 100.000 telur.

Menurut dokter pribadinya, Carlo Bava, selain makan telur, sebenarnya Emma juga mengonsumsi buah dan sayur. "Emma juga makan setiap hari, tapi amat sangat sedikit sayuran dan sedikit buah," kata Bava.

Selain itu, Bava juga mengungkap Emma tidak lagi mengonsumsi daging. "Ia tidak menyukainya, dan ada yang mengatakan daging bisa memicu kanker," kata Bava. 

Lalu, apakah baik mengonsumsi telur setiap hari? 

Telur memang makanan kaya nutrisi yang di dalamnya mengandung 75 kalori, 7 gram protein, 5 gram lemak, dan 1,6 gram lemak jenuh. Lalu ada nutrisi lain di dalamnya yang baik untuk otot, otak, dan mata seperti diungkap editor NBC News Health and Nutrition, Madelyn Fernstorm.

Namun asupan telur menurut para pakar baiknya hanya satu saja setiap hari atau tujuh telur per minggu. Namun ingat, selalu memeriksakan kondisi kesehatan bila gemar mengonsumsi makanan yang satu ini karena ada kandungan kolesterol dan lemak jenuh di dalamnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini