Sukses

Orangtua dengan Diabetes Baiknya Ajarkan Ini pada Anak

Salah satu faktor yang meningkatkan risiko seseorang terkena diabetes adalah riwayat keturunan.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu faktor yang meningkatkan risiko seseorang terkena diabetes adalah riwayat keturunan. Oleh karena itu, individu dengan diabetes dan sudah memiliki anak ada baiknya mengajarkan buah hati sejak dini menjalankan gaya hidup sehat. Hal tersebut penting demi mengurangi risiko anak terkena diabetes di masa depan.

Salah satu hal yang bisa dilakukan yaitu dengan mencermati asupan makanan. Bila buah hati sudah mulai bisa mengonsumsi makanan rumah, hindari pemberian garam sebelum usia satu tahun. Menurut dokter dari Divisi Endokrinologi dan Metabolisme FKUI/RSCM, Dyah Purnamasari Sulistianingsih, cara ini bisa mengurangi potensi anak menyukai makanan asin.

Lalu, Dyah juga menyampaikan pentingnya anak diajak aktif bergerak sehingga akan terbiasa melakukan aktivitas fisik dalam kehidupannya. "Jika anak sudah mulai bisa berjalan saya menyarankan pada orangtua agar mengajak anaknya aktif bergerak, lari ke sana dan ke sini. Main di luar rumah," kata Dyah di kawasan Kuningan, Jakarta pada Selasa (8/11/2016).

Agar anak lebih banyak bergerak, Dyah tidak menyarankan orangtua memberikan gawai terlalu dini. Pemberian gawai membuat anak jadi cenderung lebih banyak duduk.

Bila gaya hidup sehat sudah ditanamkan sejak kecil potensi anak terkena diabetes pun bisa sama seperti orang-orang yang tanpa riwayat orangtua diabetes yakni di atas 40-50 tahun.

"Tapi kalau anak itu punya orangtua atau saudara dengan diabetes lalu gemuk sejak kecil, saya beberapa kali menemui usia 20-an tahun sudah kena diabetes," kata Dyah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini