Sukses

7 Makanan yang Bikin Anda Tetap Awet Muda

Berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat membantu Anda tetap awet muda menurut ahli nutrisi

Liputan6.com, Jakarta Proses penuaan memang akan terjadi pada setiap orang, namun ada beberapa makanan yang dapat membuat Anda tetap awet muda, mengurangi berat badan, dan mempertajam pikiran Anda.

Dilansir dari Menshealth, Selasa (8/11/2016), berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat membantu Anda tetap awet muda menurut ahli nutrisi, David Grotto, MS, RDN, LDN:

1. Blueberry

“Flavanoid yang tinggi dalam blueberry, telah ditemukan dapat membantu memori jangka pendek maupun jangka panjang,” ujar Grotto. Anda bisa menambahkan blueberry dalam semangkuk sereal atau oatmeal.

2. Anggur merah

Kulit buah ini mengandung resveratrol, yaitu anti-inflamasi yang membantu menjaga kulit Anda terlihat sehat. “Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa resveratrol dapat membantu melindungi kulit dari radiasi UV yang dapat menyebabkan kanker kulit,” tuturnya.

3. Kacang hitam

Untuk melawan atau menurunkan risiko kanker usus besar dan prostat, kacang hitam dapat membantu Anda. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Flaxseed

4. Benih lenan atau flaxseed

Flaxseed merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik karena dapat membantu mengurangi peradangan, melawan penumpukan plak, dan mengurangi kolesterol. Jadi, hindari lemak jenuh dan lakukan olahraga setiap hari agar Anda tetap awet muda

5. Keju keras

Keju keras akan memberikan lebih banyak kalsium daripada jenis keju yang lembut sehingga dapat membantu menurunkan risiko osteoporosis dan membantu melancarkan sistem pencernaan Anda.

6. Brokoli

Sayuran ini penuh dengan fitonutrien yang dapat mengurangi peradangan, serta mencegah kanker paru-paru, lambung, dan jenis kanker lainnya. “Bahan kimia alaminya juga mengaktifkan gen penghambat tumor yang akan memperlambat pertumbuhan selnya,” ujarmya.

7. Apel

Buah ini mengandung banyak pektin, yaitu serat yang mudah larut dan membantu mencegah penumpukan kolesterol di pembuluh darah, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung. Ditambah lagi, dengan adanya serat yang tidak mudah larut di dalamnya, dapat membantu menjaga sistem pencernaan Anda tetap kuat. “Tapi ingat, jangan kupas kulit apel karena dua pertiga serat dan antioksidannya ditemukan pada kulitnya,” ujar Grotto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini