Sukses

Pengobatan Baru Cegah Sakit Jantung pada Anjing

Anjing pun bisa terkena penyakit jantung. Untuk mencegah penyakit jantung pada anjing, ini pengobatan yang dianjurkan

Liputan6.com, Jakarta Para ilmuwan telah menemukan obat yang memungkinkan anjing hidup lebih lama dengan menunda timbulnya katup mitral (mitral valve disease atau MVD) yang merupakan penyakit jantung paling umum pada anjing.

Studi dari Evaluation of Pimobendan In Cardiomegaly (EPIC) menemukan bahwa obat yang disebut pemiobendan ini dapat memperpanjang hidup anjing tanpa efek samping selama 15 bulan dibanding anjing-anjing yang menerima plasebo.

"Berkat hasil penelitian ini, dokter hewan tidak lagi harus mengadopsi atau menunggu pendekatan untuk kasus yang diduga MVD ini," kata Adrian Boswood, profesor di Royal Veterinary College yang memimpin penelitian ini dikutip dari Times of India, Senin (7/11/2016)

Ketika MVD ini terdeteksi, dokter hewan dapat melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk mencari pembesaran jantung.

"Jika menunjukkan hasil yang baik, pasien mungkin akan mendapat keuntungan dari obat yang disebut pemiobendan sebelum timbulnya tanda-tanda klinis," kata Adrian menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.