Sukses

Obat Herbal pada Vagina Berpotensi Sebabkan Cedera Ginjal Akut

Praktik memakai obat herbal pada vagina akan menyebabkan Acute Kidney Injury (AKI), cedera ginjal akut.

Liputan6.com, Ilorin, Nigeria Dr Timothy Olanrewaju, seorang konsultan nephrologis memperingatkan, praktik memakai obat herbal pada vagina akan menyebabkan Acute Kidney Injury (AKI), cedera ginjal akut. Ia menyatakan hal tersebut dalam sebuah makalah berjudul, "Studi Kasus: Cedera Ginjal Akut dari Obat Herbal Vagina di Ilorin, Nigeria."

Seorang ahli kesehatan yang mengajar di Departemen Nephrology, Universitas Ilorin mengatakan, penggunaan obat herbal pada vagina menyebabkan 35 persen wanita mengalami cedera ginjal akut di Afrika.

Dari laman Daily Post, Selasa (8/11/2016), sang ahli kesehatan menjelaskan, obat herbal yang diberikan melalui vagina ternyata lebih banyak digunakan untuk aborsi di beberapa bagian negara Afrika Selatan.

Obat herbal vagina juga dilaporkan untuk aborsi di Nigeria. Ahli nephrologis menggambarkan, kasus seorang perempuan muda yang mengalami cedera ginjal akut selama tiga hari akibat menggunakan obat herbal pada vaginanya. Pemeriksaan medis menemukan, ginjal pada perempuan itu akan sulit untuk disembuhkan.

Ilustrasi Cedera pada Ginjal

Praktik penggunaan obat herbal ibarat terapi yang tak pernah hilang di Nigeria. Pengaruh lingkungan sosial budaya, para wanita di Nigeria memakai obat herbal pada vagina makin meningkat.

Timothy menyerukan pengawasan dan kesadaran masyarakat terhadap efek berbahaya dari praktik ini dan penggunaan produk herbal yang tak sesuai standar medis. Salah satu alasan penggunaan obat herbal begitu tinggi di negara-negara Afrika karena kemiskinan.

Pengobatan dan perawatan medis vagina dan penyakit lainnya tidak mampu dibayar oleh warganya. Cedera ginjal akut sering dijumpai dalam praktik di klinik-klinik yang berhubungan dengan aborsi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini