Sukses

Ini yang Terjadi Kalau Sering Pakai Sepatu Hak Tinggi

Sepatu hak tinggi memang bisa mempercantik penampilan wanita. Namun jika dipakai berjam-jam kaki akan terasa sakit.

Liputan6.com, Jakarta Sepatu hak tinggi memang bisa mempercantik penampilan wanita. Namun jika dipakai berjam-jam kaki akan terasa sakit. Bukan itu saja, juga akan berdampak pada tubuh.

Berikut ini cara sepatu hak tinggi memengaruhi berbagai bagian tubuh sehingga ada kemungkinan Anda tak bisa berdiri lagi, dilansir laman Womenshealthmag, Senin (7/11/2016).

Kaki

Biasanya kaki bergerak seperti pegas. Mengenakan sepatu bertumit tinggi akan menggeser jauh dari massa bola kaki serta tulang jari kaki yang kecil.

Semakin tinggi tumit, semakin besar dampaknya. Satu studi menemukan bahwa sepatu berhak runcing empat inci bisa memberikan tekanan di bagian kaki depan hingga 30 persen atau lebih.

Ada trasnsisi tumit ke toe yang memaksa Anda berjalan berirama. Mondar-mandir sepanjang waktu bisa melukai tulang dan kerusakan saraf. Belum lagi lecet serta kuku kaki yang tumbuh ke dalam.

Pergelangan kaki dan betis

Memakai sepatu hak memaksa pergelangan kaki menekuk ke depan. Sebuah gerakan yang bisa membatasi sirkulasi di tungkai bawah. Jika Anda seorang pemakai high heels abadi, ini akan berakhir spider veins.

Berjalan dengan tumit membuat tegang tendon achilles Anda. Dan juga menyebabkan betis berkelompok. Jika Anda sudah sepanjang hari mengenakan sepatu hak tinggi, Anda mungkin akan mengalami kesulitan berjalan secara alami.

Sering waktu, sepatu hak runcing dapat membuat betis kencang kronis. Sehingga urat pergelangan kaki dan betis akan terasa sakit meski sudah memakai sepatu flat.

Lutut

Lutut adalah sendi terbesar dalam tubuh. Jika keseringan memakai hak tinggi dapat menambah tekanan ekstra pada sisi bagian dalam lutut sehingga mengakibatkan keausan. Dan bisa berakibat osteoarthritis.

Pinggul

Untuk menjaga dari kelebihan beban di sepatu berhak tinggi, Anda harus mendorong pinggul ke depan, melengkungkan punggung, serta membuat dada maju ke depan. Sikap seksi seperti itu memaksa otot-otot pinggul bagian luar, dan tendon bekerja keras.

Bagian belakang

Saat berjalan, tulang belakang Anda perlu bergoyang ini merupakan proses yang menekan lumbar otot erector spinae Anda. Hasilnya, sakit punggung bagian bawah.

Seperti bagian tubuh lainnya, bagian belakang tubuh Anda perlu istirahat. Jika hari ini memakai sepatu hak tinggi, keesokannya pakai sepatu flat.

Atau simpan sepatu hak tinggi Anda untuk acara khusus. Jangan di pakai setiap hari lebih dari beberapa jam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.