Sukses

4 Makanan untuk Meningkatkan Kesehatan Payudara

Empat makanan di bawah ini dipercaya dapat menjaga kesehatan payudara

Liputan6.com, Jakarta Tidak semua payudara wanita memiliki bentuk yang sama. Umumnya, payudara wanita memiliki bentuk yang berbeda. Namun, payudara wanita tetap memiliki fungsi yang sama yaitu untuk menyusui bayi mereka.

Kesehatan payudara wanita sangat penting untuk dijaga. Mengingat banyaknya wanita yang menderita kanker payudara akibat terlambat mendeteksi payudara yang tidak normal. Payudara juga bisa terasa nyeri saat Anda memasuki premenstrual syndrome atau PMS.

Empat makanan di bawah ini dipercaya dapat menjaga kesehatan payudara Anda sehingga terhindar dari rasa nyeri hingga mencegah kanker payudara, dikutip dari Prevention, Senin (7/11/2016).

1. Blueberry
Buah dan ekstrak blueberry telah terbukti mampu menurunkan pertumbuhan sel tumor payudara. Makan 6 ons blueberry setiap hari untuk melawan dan mencegah kanker payudara.

2. Kacang kedelai
Wanita yang secara teratur mengonsumsi daidzein dan genistein, dua senyawa yang ditemukan dalam kedelai, tahu, tempe dan miso, memiliki risiko yang lebih rendah dari payudara fibrokistik. Studi juga menunjukkan bahwa kedelai dapat membantu meringankan efek samping dari menopause, termasuk osteoporosis dan penyakit jantung. Penelitian terhadap 9.514 penderita kanker payudara menemukan bahwa konsumsi kedelai dapat mencegah tumor muncul kembali.

3. Labu
Labu mengandung betakaroten tinggi yang penting untuk mengurangi risiko munculnya benjolan sebagai efek samping dari payudara fibrokistik. Betakaroten yang juga terdapat pada sayuran berwarna oranye atau merah terang dapat meningkatkan kesehatan payudara wanita. Selain labu, ubi jalar juga memiliki manfaat yang sama yakni meningkatkan kesehatan payudara Anda.

4. Ekstrak gandum
Ekstrak gandum telah terbukti mengurangi gejala PMS dengan nyeri di payudara. Dari penelitian yang diikuti 100 wanita dengan diagnosis PMS dan mengonsumsi ekstrak gandum, mengurangi kelelahan, emosi, jantung berdebar, sakit kepala, masalah tidur, nafsu makan meningkat dan mengidam makanan selama PMS.

(Aluna Swara)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini