Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Masturbasi Berlebihan Bisa Bikin Penis Lecet?

Intesitas mastrubasi yang tinggi dapat membuat penis lecet dan kerugian lain berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Meski masturbasi memiliki efek baik bagi kesehatan, nampaknya ada juga efek negatif yang dapat timbul akibat terlalu sering masturbasi. Khususnya pada pria, efek buruk dari masturbasi dapat mempengaruhi jumlah sperma, benarkah?

Dr. Hernando Chaves, seksolog klinis sekaligus sex coach di Beverly Hills, California, mengatakan bahwa masturbasi sendiri dapat membantu individu tidur lebih pulas, mengurangi sakit kepala, kecemasan, hingga baik bagi fungsi kekebalan tubuh. Namun penting juga untuk mengetahui lebih lanjut, intensitas masturbasi yang tinggi akan merugikan dirinya sendiri.

"Ejakulasi berturut-turut akan mengurangi jumlah sperma dan volume air mani dibandingkan dengan ejakulasi pertama," kata Chaves.

Ia menekankan bahwa masturbasi yang berlebihan akan mempengaruhi produksi sperma yang kian menurun. Tetapi tidak semua pria mengalami efek yang sama. "Pada beberapa kasus, pria yang terlalu sering masturbasi akan sulit mencapai klimaks atau mencapai orgasme," ungkapnya.

Chaves juga menjelaskan bahwa efek yang paling sering terjadi dari keseringan masturbasi adalah lecet atau pembengkakan pada penis.

"Permukaan kulit pada tangan pria yang kasar atau memiliki kapalan akan menyebabkan goresan yang menyakitkan," katanya, dikutip dari Askmen, ditulis Minggu (6/11/2016).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.