Sukses

6 Tips Cegah Rambut Rontok Selama Menopause

Rambut merupakan mahkota wanita, namun saat menginjak masa menopause, perubahan hormon yang terjadi dalam tubuh menyebabkan rambut rontok.

Liputan6.com, Jakarta Rambut merupakan mahkota wanita, namun saat menginjak masa menopause, perubahan hormon yang terjadi dalam tubuh menyebabkan rambut rontok.

Walaupun seringkali kerontokan rambut diakibatkan perubahan hormon, namun masih ada beberapa faktor yang juga bisa berkontribusi, seperti tingkat stres, penyakit, atau kekurangan beberapa nutrisi.

Jika tak ingin mengalaminya, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk merawat rambut Anda sekaligus dapat membantu meningkatkan kualitasnya, dilansir dari Healthline, Minggu (6/11/2016), berikut adalah tipsnya:

1. Kurangi stres

Penting sekali menjaga tingkat stres untuk mencegah ketidakseimbangan hormon, karena produksi estrogen yang berkurang dapat mempengaruhi zat kimia di dalam otak, mempengaruhi suasana hati sehingga mudah berubah-ubah, menimbulkan kecemasan dan depresi. Hal tersebut dapat dikurangi dengan melakukan yoga dan metode pernapasan relaksasi.

2. Olahraga

Olahraga atau melakukan latihan-latihan kecil yang membuat tubuh bergerak merupakan kunci hidup sehat. Aktivitas ini juga dapat mencegah beberapa gejala menopause, seperti perubahan suasana hati, berat badan yang bertambah, dan insomnia. Jika melakukannya secara rutin, maka hormon akan lebih seimbang sehingga rambut rontok berkurang dan pertumbuhan rambut juga semakin sehat. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diet seimbang

3. Diet seimbang

Diet rendah lemak merupakan cara terbaik untuk mencegah rambut dari kerontokan. Pastikan untuk menyertakan cukup gandum, buah-buahan, dan sayuran dalam setiap makanan Anda. Selain itu, meminum teh hijau, mengonsumsi secara teratur suplemen vitamin B6, dan asam folat, dapat membantu pertumbuhan rambut yang lebih sehat.

Tak lupa, asam lemak esensial juga memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan rambut. Asam lemak tersebut dapat ditemukan dalam ikan salmon, tuna, minyak biji rami, kenari, dan kacang almond. 

4. Minum air putih secara teratur

Tubuh Anda memerlukan cukup cairan agar bisa berfungsi dengan baik. Jumlah air yang dibutuhkan setiap orang memang berbeda-beda, tergantung aktivitasnya, namun sebaiknya minum air putih sebanyak delapan gelas per hari.

5. Hindari paparan zat kimia pada rambut

Untuk mencegah kekeringan dan kerusakan rambut, cara yang terbaik adalah menjauhi alat-alat seperti pengering rambut dan catokan, serta proses seperti ekstensi rambut dan metode styling lainnya. Jika ingin mewarnai rambut, pilih cat rambut yang alami agar kulit kepala Anda tetap sehat.

Selain itu jika Anda suka berenang, pastikan memakai topi renang untuk mencegah klorin yang dapat merusak rambut. Tak lupa, jangan lupa pakai topi ketika Anda berada di luar ruangan dalam waktu yang lama. Hal ini untuk menjaga rambut Anda dari paparan sinar matahari. 

6. Bicarakan dengan dokter tentang obat Anda

Beberapa obat memiliki efek samping yang dapat menyebabkan rambut rontok. Jadi, bicarakan dengan dokter jika Anda mengalami kerontokan rambut yang sepertinya disebabkan oleh obat-obatan tersebut. Dokter mungkin akan menggantinya dengan obat lain yang tidak memberikan efek yang sama. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini