Sukses

Menonton TV Lebih dari 5 Jam Bisa Membunuh Anda

Jika Anda memiliki hobi menonton televisi sepanjang hari, hal ini tidak baik untuk tubuh Anda, seperti yang dilaporkan dalam sebuah peneliti

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda memiliki hobi menonton televisi sepanjang hari, hal ini tidak baik untuk tubuh Anda, seperti yang dilaporkan dalam sebuah penelitian.

Para peneliti dari Japan’s Osaka University menemukan, bahwa menonton televisi lebih dari lima jam dalam sehari dapat membuat Anda berisiko enam kali lebih mungkin mengalami penggumpalan darah yang fatal.

Studi yang dipublikasikan dalam European Society of Cardiology ini, menunjukkan bahwa pria dan wanita berusia antara 40 hingga 79 tahun yang suka menonton televisi lebih dari lima jam sehari, berisiko menderita emboli paru (gelembung udara atau darah menggumpal) yang fatal dibandingkan dengan mereka yang hanya menonton kurang dari 2,5 jam sehari. Hal itu terjadi akibat penggumpalan darah. Risiko yang sama enam kali lebih tinggi mengintai orang yang usianya di bawah 60 tahun .

“Selama menonton televisi, kaki jadi tidak banyak bergerak,” ujar salah satu peneliti. 

Hal ini karena darah yang menggumpal dapat terbentuk di vena kaki dan mencegah aliran darah ke jantung, sehingga bisa berujung kematian. Studi ini menjadi yang pertama meneliti kaitan antara menonton televisi dengan pembekuan darah.

Untuk menghindarinya, para peneliti menyarankan agar orang-orang yang senang menonton televisi dalam waktu yang lama, diharapkan untuk sekadar berdiri, berjalan-jalan ketika acara kesukaannya sedang iklan, dan minum banyak air putih, seperti dilansir dari Foxnews, Senin (7/11/2016)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.