Sukses

Ini 7 Penyebab Kram dan Cara Mencegahnya

Ketika sedang tidur, mungkin Anda pernah terbangun karena merasakan kram di kaki atau di betis yang sangat menyakitkan. Namun apa penyebanya

Liputan6.com, Jakarta Kram kadang bisa terjadi kapan pun, misalnya saat sedang berjalan, berenang, bahkan ketika sedang tidur. Namun apa sebenarnya penyebab kram?

Hal ini ternyata umum terjadi ketika otot secara tidak sengaja menjadi kaku dan tidak bisa rileks. "Mereka cenderung lebih sering terjadi seiring usia kita bertambah,” ujar ahli bedah ortopedi, Kim Gladden, MD.

Berikut ini adalah penyebab kram dan tips untuk mencegahnya terjadi, seperti dilansir dari Clevelandclinic, Minggu (6/11/2016):

1. Dehidrasi

“Jika Anda mengalami kram, penting untuk melihat terlebih dahulu apakah tubuh Anda terhidrasi dengan baik atau tidak,” ujar Dr. Gladden. Jadi, jika tak ingin mengalami kram, pastikan bahwa Anda sudah minum cukup air sepanjang hari.

2. Bermasalah dengan gizi

Keseimbangan elektrolit seperti kalsium, natrium, kalium, dan magnesium, sangat penting untuk kontraksi dan relaksasi otot. Selain itu, hindari mendapatkan elektrolit tersebut hanya dari suplemen.

“Jika minum terlalu banyak suplemen padahal Anda tidak terlalu membutuhkannya, ini dapat berbahaya. Lebih baik, konsumsi berbagai buah-buahan dan sayuran untuk menambah keseimbangan elektrolit Anda,” ujarnya.

3. Efek samping dari obat-obatan

Beberapa obat dapat menyebabkan kram otot. Jika misalnya ini terjadi setelah Anda meminum suatu obat, lebih baik kunjungi dokter untuk menggantikan obat tersebut dengan yang lebih aman, serta untuk mengurangi risiko kram terjadi lagi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tidak melakukan peregangan

4. Tidak melakukan peregangan

Luangkan waktu untuk meregangkan tubuh setiap hari, seperti misalnya setelah Anda mandi, ini akan mengurangi dan mencegah kram terjadi.

5. Olahraga dengan intensitas terlalu tinggi

Jika Anda berolahraga terlalu keras dan dengan intensitas yang terlalu tinggi dari biasanya, hal tersebut dapat menyebabkan kram. Lebih baik tingkatkan secara perlahan-lahan dan sesuaikan dengan kekuatan tubuh Anda.

6. Sirkulasi darah yang buruk

Jika Anda mengalami kram yang terasa semakin sakit ketika dipakai berjalan, bisa jadi hal ini akibat sirkulasi darah yang kurang baik. “Beberapa masalah sirkulasi dapat menyebabkan rasa sakit seperti kram. Ketika hal tersebut terasa semakin buruk dan sangat sakit ketika Anda sedang berjalan, ataupun kram tersebut tidak kunjung menghilang, lebih baik kunjungi dokter Anda segera,” ujarnya.

7. Memakai sepatu yang kurang tepat

Penyebab kram juga bisa diakibatkan oleh sepatu Anda. “Jika kram terjadi, coba lihat sepatu yang sedang Anda pakai, terutama jika Anda baru saja mengganti sepatu flat dengan sepatu berhak tinggi," kata Dr. Gladden.

 

3 dari 3 halaman

Cara kurangi kram

Jika kram muncul, ada beberapa cara sederhana untuk mengurangi sakitnya, seperti:

1. Jika kram terjadi saat Anda sedang berbaring atau tidur, coba berdiri dan letakkan berat badan Anda hanya pada kaki yang sedang kram. Hal ini dapat membantu menghentikan kaku otot.

2. Gunakan kompres hangat untuk meningkatkan sirkulasi darah ke otot dan untuk menenangkannya. Bisa juga dengan merendam kaki yang kram dalam air yang berisi garam Epsom.

3. Untuk sakit kram yang sulit dihilangkan, Anda bisa mencoba meminum obat non-steroid dan anti-inflamasi, seperti ibuprofen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.