Sukses

Mengapa Lagu Bisa Terus Terngiang di Pikiran?

Kombinasi antara musik tempo yang upbeat, melodi mudah diingat, serta sesuatu yang tak terduga membuat lagu jadi sering terngiang-ngiang.

Liputan6.com,New York- "Dari matamu, matamu ku mulai jatuh cinta
Ku melihat, melihat, ada bayangan
Dari mata kau buatku jatuh,
Jatuh terus, jatuh ke hati"

Lagu "Dari Mata" milik Jaz sering sekali dinyanyikan oleh teman kantor. "Lagunya nempel terus, nih!" begitu tuturnya. Mungkin apa yang dirasakannya pernah juga Anda rasakan. Lalu sebenarnya apa yang membuat sebuah lagu terus terngiang?

Sebuah studi yang dilakukan psikolog Goldsmiths, University of London, Kelly Jakubowski mengungkap alasan di balik hal tersebut. Rupanya kombinasi antara musik tempo yang upbeat, melodi yang mudah diingat, serta sesuatu yang tak terduga jadi rahasia sebuah lagu terus terngiang. Hal ini diketahui lewat studi yang melibatkan 3.000 orang.

Jakubowski menanyakan kepada mereka lagu yang paling sering membuat terngiang. Secara umum lagu yang sering terngiang itu memiliki tempo cepat dan melodi yang menyenangkan. Nampak terlihat dalam lagu "Twinkle Twinkle Little Star".

Lalu, pola pitch yang naik turun seperti "Moves Like Jagger" dari Maroon 5 juga jadi ciri lagu yang sering membuat terngiang-ngiang.
Namun satu lagi, lagu yang bisa membuat terngiang cenderung memiliki interval tidak biasa dan unik, membuat lagu-lagu tersebut berbeda dari kebanyakan, "Smoke On The Water” dari Deep Purple, serta “Bad Romance” dari Lady Gaga misalnya.

Maroon 5 adalah grup band pop rock asal Amerika Serikat

"Dari studi ini kita bisa memprediksi lagu mana yang bisa 'terjebak' dalam kepala seseorang," kata Jakubowski yang sekarang jadi asisten peneliti Department of Music di Durham University, Inggris mengutip Time, Jumat (4/11/2016).

Rata-rata lagu bisa bertahan terngiang di benak selama satu minggu. Paling sering lagu tersebut muncul pada saat santai seperti mandi atau berjalan kaki.

Studi yang sudah dipublikasikan dalam jurnal Psychology of Aesthetics, Creativity and the Arts ini pun menyebutkan lagu yang paling sering membuat orang terngiang-ngiang yakni:

"Bad Romance" – Lady Gaga
"Can’t Get You Out Of My Head" – Kylie Minogue
"Don’t Stop Believing" – Journey
"Somebody That I Used To Know" – Gotye
"Moves Like Jagger" – Maroon 5
"California Gurls" – Katy Perry
"Bohemian Rhapsody" – Queen
"Alejandro" – Lady Gaga
"Poker Face" – Lady Gaga

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini