Sukses

Ingin Hamil? Siapkan Tubuh dengan Konsumsi Makanan Berikut

Mulai dari telur hingga produk olahan susu. Untuk apa?

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda merencanakan kehamilan dalam beberapa bulan ke depan, ada baiknya untuk menjaga asupan makanan. Hal ini tidak hanya bagi wanita, pria juga perlu menjaga asupan makanan guna meningkatkan kesuburan.

Wanita yang juga penulis The Belly Fat Diet for Dummies, Erin Palinski-Wade menyarankan lima kategori makanan yang baiknya dikonsumsi wanita yang ingin hamil. Melansir Fit Pregnancy, Sabtu (5/11/2016) berikut selengkapnya.

1. Asam folat

"Jika Anda ingin hamil tahun depan, pastikan mulai dari sekarang mengonsumsi makanan kaya asam folat," jata Erin.
Asupan asam folat bisa diperoleh dari suplemen, vitamin prenatal, dan makanan yang kaya kandungan tersebut seperti sereal, sayur dan buah-buahan sitrus. Paling tidak penuhi asupan asam folat sekitar 400-600 mg dalam sehari.

2. Protein

Studi menyebutkan pasangan yang mengalami masalah kesuburan bisa diatasi dengan meningkatkan asupan makanan berprotein dan mengurangi karbohidrat. Dengan menambah sekitar 25 persen protein atau lebih dalam asupan makan sehari-hari bisa meningkatkan kualitas sel telur.

"Asupan protein berkualitas dalam diet orang yang akan hamil penting untuk meningkatkan kesuburan. Pastikan Anda memenuhi asupan protein sehari-hari," kata Erin.

Telur, putih telur, daging putih, ikan, salmon merupakan makanan yang kaya protein. Jika Anda vegetarian, bisa juga mengonsumsi kedelai dan aneka kacang-kacangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Produk susu

3. Asam lemak omega-3

Asam lemak omega-3 merupakan komponen penting bagi perkembangan janin. Meski Anda belum hamil, kehadiran asam lemak omega-3 dibutuhkan tubuh untuk menjaga hormon tetap seimbang.

4. Produk susu

Produk-produk susu merupakan asupan yang penting juga untuk kehamilan karena mengandung kalsium dan protein. "Cobalah untuk mendapatkan asupan lemak dari produk olahan susu yang membantu menyiapkan tubuh untuk kehadiran sang buah hati," kata Erin.

5. Buah dan sayuran

Buah dan sayur merupakan dua komponen penting bagi tubuh, termasuk untuk mempersiapkan kehadiran sang buah hati. Kedua jenis makanan ini mengandung nutrisi penting dan antioksidan yang mengurangi peradangan di tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.