Sukses

Saran Pakar Kesehatan, Sebelum Demo Sebaiknya Makan Siang Dulu

Apa gunanya makan siang sebelum melakukan demo 4 november? Ini dia kegunaan itu bagi mereka yang ikut melakukan demo 4 November

Liputan6.com, Jakarta Aksi demo 4 November yang menuntut pengusutan kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan Ahok baru digelar setelah salat Jumat. Praktisi kesehatan lalu mengingatkan agar para pendemo tidak lupa untuk makan siang atau makan sebelum salat Jumat supaya demo berjalan lancar dan pendemo terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Nanti siang, para pendemo akan berjalan kaki dari Masjid Istiqlal melewati Jalan Medan Merdeka Timur, melintas di depan Balai Kota DKI, kemudian menuju Istana melalui Jalan Medan Merdeka Barat. Selain memperhatikan asupan minum agar para pendemo tidak mudah tersulut emosi, makan siang juga perlu agar terhindar dari hipoglikemi atau kekurangan gula darah.

Menurut Praktisi Klinis dari Rumah Sakit Dr Cipto Mangunkusumo yang juga Wakil Ketua PB PAPDI, Dr Ari Fahrial Syam, hipoglikemi atau kekurangan gula darah bisa saja terjadi jika para pendemo tidak sarapan.

"Kondisi ini akan membuat badan terasa lemas dan kepala jadi sempoyongan. Oleh karena itu dianjurkan untuk makan dan mengisi perut terlebih dulu saat melakukan damai turun ke jalan," kata Ari seperti dikutip dari keterangan pers yang diterima Health Liputan6.com pada Jumat (4/11/2016)

Ari juga mengingatkan para pendemo untuk tidak menggunakan sandal atau sepatu pantofel yang akan mengganggu jika situasi di lapangan menuntut para pendemo untuk berjalan cepat atau berlari. Bagi orang yang mempunyai masalah dengan pinggang, sakit lutut, atau kondisi yang tidak memungkinkan untuk berdiri lama dan berjalan jauh untuk tidak ikutan demo.

Lebih baik mengantisipasi daripada harus jadi masalah selama mengikuti demo 4 November.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Demo 4 November adalah aksi unjuk rasa yang dikoordinasi oleh sejumlah organisasi massa Islam di Jakarta.
    Demo 4 November adalah aksi unjuk rasa yang dikoordinasi oleh sejumlah organisasi massa Islam di Jakarta.

    Demo 4 November

  • Hipoglikemia adalah kondisi ketika kadar glukosa (gula darah) berada di bawah normal. Umumnya penurunan kadar gula darah kurang dari 60 mg/d

    Hipoglikemia

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok