Sukses

Bersihkan Vagina Jangan Lebih dari 1 Menit, Kenapa?

Sering kali wanita melakukan kesalahan dalam membersihkan organ intim mereka.

Liputan6.com, Jakarta Kebersihan vagina memang harus dijaga dengan maksimal. Sayangnya sering kali wanita melakukan kesalahan dalam membersihkan organ intim mereka.

"Untuk vagina bagian dalam sebenarnya Anda tak perlu melakukan apa-apa," kata Dr. Jennifer Gunter, Bay Area OB-GYN.

Gunter menjelaskan bahwa banyak bakteri baik dalam tubuh termasuk di area intim wanita yang dikenal dengan laktobasilus dan bekerja untuk menjaga kebersihan vagina bagian dalam.

Ketika membersihkan vagina, wanita hanya perlu membersihkan bagian luar vagina saja. "Cukup dengan mencuci sesekali di bagian bawah atau dalam vagina tanpa penggunaan sabun dan gunakan air bersih saja," saran Gunter.

Menurut Gunter, penggunaan sabun yang memiliki wewangian cenderung menyebabkan iritasi dan mengurangi keseimbangan pH alami pada vagina.

Ia juga menyarankan agar tidak lebih dari satu menit saat membersihkan vagina bagian luar, sebab terlalu lama menggosok bagian intim tersebut dapat menyebabkan iritasi dan kekeringan pada vagina, dikutip dari Buzzfeed, Sabtu (5/11/2016).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.