Sukses

8 Tips Diet Terbaik untuk Wanita yang Ingin Cepat Hamil

Apakah Anda sedang mencoba untuk hamil? Jika iya, mungkin beberapa tips ini akan berguna.

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda sedang mencoba untuk hamil? Jika iya, mungkin beberapa tips ini akan berguna.

Ahli gizi di London, Henrietta Norton mengungkapkan pentingnya protein untuk meningkatkan kesempatan memiliki bayi. Selain itu, penting untuk mengonsumsi sayuran berwarna yang kaya vitamin dan mineral.

"Jika Anda ingin cepat hamil, maka suami istri harus berusaha mengubah beberapa pola makan. Coba konsumsi makanan yang dapat membantu meningkatkan jumlah sperma Anda atau memperbaiki keseimbangan hormon saat menstruasi," katanya.

Terapis gizi Henrietta Norton pun sependapat. Dia mengungkapkan delapan cara terbaik untuk meningkatkan kesuburan melalui diet dan gaya hidup.

"Mengonsumsi makanan bergizi akan mempengaruhi kualitas dan kehamilan yang sehat. Penelitian telah menunjukkan bahwa pasangan yang melakukan perubahan diet dan gaya hidup, meningkatkan peluang kehamilan dan bayi yang sehat hingga 80 persen," ujarnya.

Berikut ulasannya, seperti dilansir Daily Mail, Jumat (4/11/2016):

1. Perbanyak protein

Protein sangat penting untuk memproduksi hormon dan perkembangan sel sehat. Sumber protein yang baik termasuk unggas, telur, yoghurt, ikan seperti salmon dan trout, lentil, kacang-kacangan, biji-bijian, quinoa, dan daging merah.

Jika Anda vegetarian, menggabungkan kacang-kacangan dan biji-bijian juga cukup. 

2. Ganti lemak sehat 

Lemak sehat sangat penting untuk kesehatan dan kesuburan karena mendukung produksi hormon dan pembentukan sel sehat. Lemak sehat bisa ditemukan dalam avokad, minyak biji rami, kacang-kacangan, biji-bijian dan ikan berminyak.

Namun, batasi konsumsi ikan berminyak mengingat polutan yang dapat mempengaruhi kesuburan jika dikonsumsi terlalu sering.  

Sumber makanan lain yang sangat baik dari vitamin E, vitamin D dan mineral penting, seperti kromium dan selenium.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kembali ke alam

3. Kembali ke alam

Kembali ke alam yang dimaksud adalah memiliki makanan yang alami, seperti memiliki biji-bijian, beras merah, nasi, soba, gandum dan oat. Makanan ini juga merupakan sumber vitamin B, termasuk B12, kolin dan mineral seperti mangan, seng dan kromium.

4. Nikmati warna-warni di piring makan

Menikmati warna-warni buah dan sayuran setiap hari secara alami meningkatkan asupan antioksidan penting dan fitokimia. Tambahkan juga rempah-rempah, seperti kunyit dan jahe untuk memasak.

3 dari 4 halaman

Perbanyak sayuran hijau

5. Perbanyak sayuran hijau

Sayuran hijau merupakan sumber folat dan serat untuk pencernaan yang sehat sehingga membantu mencegah ketidakseimbangan hormon. Perbanyak asupan sayuran hijau tak perlu repot. Anda bisa jus, sup dan smoothie.

6. Jangan buru-buru saat makan

Ketika makan terlalu cepat, maka kemampuan tubuh menyerap nutrisi akan buruk. Sebaliknya, makan perlahan memungkinkan tubuh untuk mencegah makan berlebihan.

4 dari 4 halaman

Sesuaikan makanan

7. Sesuaikan makanan dengan musim

Mengonsumsi makanan yang hangat di musim hujan, mungkin ide yang bagus. Hal ini bisa meningkatkan nilai gizi makanan.

8. Konsumsi suplemen hanya bila butuh

Mengonsumsi suplemen memang penting, tapi usahakan perbaiki pola makan terlebih dahulu. Bagaimanapun, bila sulit mengubah pola makan, Anda bisa mencoba suplemen untuk mendukung keseimbangan hormon, telur yang sehat dan pengembangan sperma.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini