Sukses

Bawang Merah Cegah Penyakit Kanker

Tak sedikit orang menyantap bawang merah mentah. Ternyata itu bermanfaat untuk kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Bawang merah yang juga dikenal sebagai bawang ungu dengan daging putih biasa dipakai untuk berbagai masakan baik bakar, tumis, atau panggang. Bahkan tak sedikit orang yang menyantapnya mentah-mentah.

Selain menambah kelezatan pada masakan, ternyata bawang merah juga bagus untuk kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat yang dihasilkan dari mengonsumsi bawang merah, dilansir laman Healthbenefitsofeating, Kamis (3/11/2016)

1. Meningkatkan imunitas

Fotokimia dalam bawang merah membantu fungsi vitamin C sehingga meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi. Ini penting dalam menambahkan kekebalan tubuh.

2. Kontrol gula darah

Bawang memainkan peran yang sangat penting dalam regulasi gula darah. Faktanya bahwa bawang mengandung komponen mineral yang dikenal sebagai kromium.

3. Memerangi peradangan

Sejak dahulu bawang merah sudah digunakan untuk mengobati radang dan juga infeksi.

4. Jantung sehat

Irisan bawang merah sangat baik untuk jantung. Karena bawang merah mendorong produksi High Density Lipoprotein (HDL) yang meminimalkan risiko penyakit jantung seperti serangan jantung dan stroke.

Di sisi lain Low Density Lipoprotein (LDL) menyebabkan masalah jantung karena kadar kolesterol dalam arteri sehingga memicu yang disebut penyakit kardiovaskular.

5. Cegah kanker

Bawang merah berperang melawan kanker, karena mengandung bahan kimia kuat yang dikenal sebagai quercetin yang merupakan sekelompok pigmen tumbuhan yang disebut flavonoid.

Quercetin bertanggung jawab untuk memberikan warna pada bawang. Peran quercetin adalah untuk menghambat pertumbuhan sel kanker mulai kanker payudara, usus besar, prostat, dan kanker ovarium.

Telah terbukti melalui penelitian bahwa asupan quecertin menurunkan risiko kanker paru-paru.

6. Meringankan sakit

Tak banyak orang tahu kalau bawang merah berguna mengurangi rasa sakit, khususnya yang disebabkan oleh serangga menyengat yang meninggalkan sensasi terbakar.

Jika Anda disengat lebah, tempelkan bawang merah yang dihaluskan di daerah yang terkena. Rasa sakitnya pun akan berkurang.

7. Cegah maag

Bawang merah sangat efektif dalam memerangi radikal bebas yang bertanggung jawab untuk ulkus lambung yang menjengkelkan. Bawang menggerogoti radikal bebas dan menghilangkan mereka dari saluran lambung sehingga mengurangi risiko maag.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini