Sukses

Suka Pakai Make Up Saat Olahraga? Ini Akibatnya

Jerawat bertambah banyak serta muncul komedo bila menggunakan makeup saat berolahraga.

Liputan6.com, Jakarta Bagi wanita yang sudah biasa berdandan, saat olahraga pun biasanya memoleskan make up. "Tidak percaya diri" begitu alasan yang sering dilontarkan para wanita bila tidak dandan. Namun, perlu diketahui dampak buruk pada wajah bila menggunakan make up saat berolahraga.

"Berkeringat merupakan metode alami tubuh untuk mendinginkan kulit. Namun bila Anda menggunakan make up, ini membuat keringat dan bakteri terjebak sehingga tidak bisa keluar dari pori-pori. Alhasil, bisa muncul komedo, jerawat bertambah banyak, dan muncul iritasi kulit," kata pakar kecantikan, Jaber.

Lalu, bila wanita memiliki kebiasaan menggunakan make up saat berolahraga bisa memicu penuaan lebih cepat. Hal ini karena penggunaan make up bisa memicu peradangan. 

Jadi, bila Anda pada sore hari ingin berolahraga sebaiknya dengan wajah bersih. Cukup dua menit menghapus make up kulit jadi lebih mudah bernapas dan berkeringat seperti mengutip laman Reader's Digest, Kamis (3/11/2016).

Tapi, bila kondisi memaksa harus menggunakan make up bagaimana? Jaber menyarankan menggunakan produk make up yang ringan. "Seperti bedak atau BB krim. Lalu segera mencuci wajah sesudah berolahraga," pesan Jaber.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini