Sukses

Coba Trik Ini agar Si Kecil Pandai Bicara

Empat trik mudah yang dapat Anda coba saat mengajarkan si kecil berbicara

Liputan6.com, Jakarta Saat si kecil menginjak usia enam bulan biasanya ia sudah mulai ingin berbicara. Di masa ini orangtua tentu harus membentuk gaya bicara yang baik agar anak mudah menangkap kata-kata yang diajarkan oleh orangtuanya.

Untuk mempermudah anak belajar bicara, berikut empat trik mudah yang dapat Anda coba saat si kecil mulai belajar bicara seperti dikutip dari Mommy Shorts, ditulis Rabu (2/11/2016).

1. Ucapkan setiap yang Anda lakukan

Jika Anda memberikan bola kepadanya ucapkanlah, "Ini bolanya nak". Konsep ini akan membantu pengetahuan anak secara fisik dan lisan.

2. Biarkan si kecil mengoceh

Penelitian menunjukkan bahwa setiap kata yang diucapkan oleh anak sama pentingnya dengan mengajarkan dia berbicara. Anda juga bisa mengajarkan kosakata baru lewat lagu dan menyanyikannya. Seiring berjalannya waktu si kecil akan belajar untuk mengulang apa yang Anda katakan.

3. Jangan menambahkan huruf dan konsonan lain

Beberapa artikel ilmiah menyarankan agar orangtua mengucapkan kata-kata yang sesuai dengan konsonan dan huruf. Misalnya drinking menjadi drinky. Kata-kata yang sesuai anak menciptakan bentuk kata secara alami yang baik bagi perkembangan linguistiknya.

4. Batasi menonton televisi

Televisi tidak mengajarkan anak pandai berbicara, termasuk permainan di gawai. Membiasakan anak untuk menonton tv atau bermain gawai tidak akan membuat anak menjadi interaktif dalam berbicara. Batasi si kecil, setidaknya 10 sampai 20 menit untuk menonton tv atau bermain gawai dalam sehari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini