Sukses

Ibu Menyusui, Pastikan Makanan Anda Mengandung Zat Bergizi Ini

Bagi para ibu yang tengah menyusui, jangan gegabah dalam memilih makanan dan minuman yang dikonsumsi karena mempengaruhi kesehatan bayi Anda

Liputan6.com, Jakarta Peringatan bagi para ibu yang baru saja melahirkan, keluarnya si buah hati dari perut bukan berarti Anda bisa seenaknya menyantap jenis makanan dan minuman tergolong kurang sehat yang mungkin sudah lama diidamkan semasa kehamilan.

Kini Anda memasuki tahap kedua merawat si buah hati yaitu, proses menyusui. Susu yang Anda berikan pada mereka adalah makanan serta minuman yang telah dikonsumsi seharian. Ini menegaskan fakta bahwa asupan makanan dan minuman Anda pasca melahirkan sangat penting perannya dalam memberikan si buah hati energi yang ia butuhkan.

Jika Anda gegabah dan membiarkan diri terlena menyantap makanan dan minuman yang tidak sehat, maka patut diwaspadai kenyataan bahwa si buah hati tercinta gagal mendapatkan asupan nutrisi yang mana penting dalam fase pertumbuhannya.

Menanggapi kenyataan yang terbukti akan menghambat pertumbuhan si bayi, sang ibu sangat dihimbau untuk tetap fokus mengonsumsi makanan dan minuman sehat dan kaya akan kandungan nutrisi berupa vitamin dan zat pembuat tubuh kebal lainnya.

Melansir Verywell, Senin (7/11/2016), berikut ini adalah zat-zat penting yang harus ada dalam kandungan makanan dan minuman yang dikonsumsi semasa proses menyusui:

1. Protein

Protein akan membangun dan memelihara kesehatan semua bagian tubuh, termasuk otot, tulang, jantung, paru-paru, enzim, hormon, dan antibodi. Jadi, konsumsi makanan berprotein beberapa kali sehari, seperti daging, produk susu, kacang, biji-bijian, dan sayuran.

2. Vitamin A

Vitamin ini baik untuk mata dan kulit. Vitamin A biasanya ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran berwarna merah, oranye, dan kuning, serta sayuran berdaun hijau gelap (brokoli, bayam, kale, dan selada), hati, dan produk susu.

3. Zat besi

Zat ini membantu tubuh Anda membuat sel-sel darah yang baru, sehingga Anda bisa menjaga tingkat energi Anda. Dapatkan zat besi dari makanan seperti daging, ikan, hati, kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau, telur, dan gandum.

4. Vitamin C

Vitamin ini sangat penting untuk kesehatan tulang, gigi, ligamen, dan pembuluh darah. Selain itu, vitamin C juga membantu tubuh menyerap zat besi dan mencegah infeksi. Biasanya ditemukan dalam buah jeruk, stroberi, tomat, mangga, dan sayuran berdaun hijau gelap.

5. Asam folat

Adalah vitamin B yang membantu mencegah cacat lahir dan diperlukan untuk kesehatan dan perkembangan bayi Anda, makanan tinggi folat termasuk buah jeruk, roti gandum yang sudah diperkaya dengan asam folat, sayuran berdaun hijau, dan kacang-kacangan yang sudah dikeringkan.

6. Kalsium

Anda membutuhkan kalsium yang cukup saat sedang menyusui untuk menggantikan kalsium yang sudah diambil dan diberikan pada bayi Anda melalui ASI. Makan dan minuman tinggi kalsium adalah produk susu, jus jeruk, dan sayuran berdaun hijau.

7. Vitamin D

Vitamin ini akan membantu tubuh menyerap kalsium dan fosfor yang diperoleh dari makanan yang Anda konsumsi. Selain itu vitamin D juga sangat penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi yang sehat pada bayi Anda. Anda bisa mendapatkan vitamin D dari sinar matahari pagi, ikan, telur, sereal, jus jeruk, susu, dan yogurt.

8. Docosahexaenoic Acid (DHA)

Adalah asam lemak yang dapat mendukung perkembangan otak dan mata bayi Anda. DHA dapat ditemukan pada ikan, telur, daging merah, dan hati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.