Sukses

Apa Akibatnya Bila Sering Menahan BAB?

Jika Anda pernah menahan keinginan buang air besar saat sedang di kantor karena tidak suka melakukannya di kamar mandi umum, apakah buruk?

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda pernah menahan keinginan buang air besar saat sedang di kantor karena tidak suka melakukannya di kamar mandi umum, apakah hal ini buruk untuk kesehatan?

Menurut dokter spesialis penyakit dalam di Lenox Hill Hospital, New York, Keri Peterson, MD, menahan BAB bisa saja berdampak buruk, terutama apabila dorongan sudah sangat mendesak dan Anda menahan serta mengabaikannya.

“Pertama, ini bisa menyebabkan sembelit. Semakin lama kotoran berada di dalam usus besar, maka feses akan semakin keras. Jika sudah begini, BAB jadi tidak nyaman bahkan bisa terjadi pendarahan ketika akhirnya Anda mengeluarkannya,” ujar Peterson, seperti dilansir dari Womenshealthmag, Selasa (1/11/2016).

Jika terus-menerus begini, menurutnya Anda bisa memiliki wasir atau jaringan di dalam dubur Anda rusak. Pada akhirnya, Anda membutuhkan operasi. Jika tak ingin seperti ini, Peterson menyarankan untuk mengonsumsi makanan berserat, berolahraga di pagi hari dan tidak menahan BAB.

“Berolahraga saat pagi, dapat membantu dorongan BAB sebelum ke kantor. Usahakan juga mengonsumsi makanan kaya serat seperti sayuran pada malam hari sehingga paginya BAB lancar,” katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini