Sukses

Pertolongan Pertama Saat Kaki Lecet

Lecet di bagian kaki harus bagaimana? Lakukan cara-cara di bawah ini

Liputan6.com, Jakarta Lecet kaki bisa terjadi karena gesekan bagian dalam sepatu ke kulit kaki atau akibat menggunakan kaus kaki yang kasar. Lecet bagian tumit, sisi jari kaki, atau bagian belakang kaki rentan dialami pelari, pejalan kaki, atau orang-orang yang baru saja membeli sepatu baru.

Belum lagi kaki yang bengkak ditambah kaki berkeringat selama menggunakan sepatu merupakan kondisi paling sempurna timbulnya lecet ini.

Untuk menyembuhkan lecet di bagian kaki, sejumlah dokter dan praktisi olahraga menyarankan untuk mencuci terlebih dulu bagian yang lecet itu, lalu usap menggunakan alkohol atau yodium, kemudian tutup dengan perban perekat.

Seperti dikutip dari Boldsky, Rabu (2/11/2016) untuk melepas perban perekat itu, dianjurkan juga untuk mencuci lalu mengeringkan daerah tersebut. Setelah perban dilepas, bersihkan lagi dengan alkohol atau disinfektan lain agar kulit kaki bersih seperti semula.

Namun, Anda dianjurkan untuk melepasnya di malam hari, biarkan bagian kaki itu bernapas dan kering. Baru setelah mandi di pagi hari, perban lagi bagian lecet itu dengan cara yang sama.

Cara-cara seperti itu tidak dianjurkan untuk dilakukan diabetesi. Sebaiknya melakukan konsultasi dokter terlebih dulu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini