Sukses

Lakukan 6 Langkah Ini agar ASI Lebih Bernutrisi

Berikut adalah beberapa tips agar Anda mendapatkan nutrisi yang baik selama proses menyusui

Liputan6.com, Jakarta Ketika sedang menyusui, apa yang ibu makan dapat mempengaruhi tubuh dan pertumbuhan bayi. Walaupun ASI akan tetap bagus, penting bagi ibu untuk mengonsumsi makanan sehat.

Dilansir dari Verywell, rabu (2/11/2016), berikut adalah beberapa tips agar Anda mendapatkan nutrisi yang baik selama proses menyusui:

1. Pertahankan diet yang seimbang

Jika Anda mampu, makan setidaknya tiga porsi penuh yang berisi berbagai makanan sehat setiap hari. Cobalah makan berbagai buah-buahan dan sayuran, protein tanpa lemak, dan biji-bijian, serta batasi makanan ringan yang kosong kalorinya. Lebih baik coba konsumsi cemilan sehat seperti buah utuh atau sayuran yang sudah terpotong-potong untuk memudahkan Anda saat mengonsumsinya.

2. Konsumsi beberapa ikan

Makanan laut adalah sumber protein sehat dan juga akan memberikan asam lemak omega-3. Berbagai jenis makanan laut yang rendah merkuri ialah salmon, tuna kalengan, ikan lele, nila, ikan kod, udang, kepiting, cumi-cumi, dan kerang dua sampai tiga kali seminggu.

3. Mendapat kalori yang cukup setiap hari

Proses menyusui dan memproduksi ASI, memang membutuhkan banyak energi. Sehingga saat sedang menyusui, Anda harus mendapat setidaknya 500 ekstra kalori dalam sehari. Anda memang bisa mendapatkannya dari junk food, namun makanan ini tidak bernutrisi. Jadi, walaupun Anda bisa memakannya sesekali, lebih baik dapatkan asupan kalori dari makanan yang lebih sehat.

4. Konsumsi makanan yang bantu produksi ASI

Oatmeal, sayuran berdaun hijau gelap, dan kacang almond, memiliki sifat yang akan mendukung produksi ASI serta bisa menjadi makanan diet yang baik saat sedang menyusui.

5. Batasi makanan dan zat tertentu

Anda memang tidak harus melakukan diet ketat saat sedang menyusui, karena Anda bisa makan apapun yang disuka, seperti makanan pedas, cokelat, dan bawang putih. Anda juga boleh makan junk food dan minum kopi, namun hal utama yang perlu diingat adalah jangan berlebihan dalam mengonsumsinya.

6. Tetap terhidrasi

ASI yang sebagian besarnya terdiri dari air, dapat membuat tubuh Anda dehidrasi. Jadi, jangan lupa untuk selalu minum air putih lebih banyak untuk menggantikan cairan yang hilang selama proses menyusui.

Bahkan aturan yang baik ialah meminum segelas air setiap kali Anda menyusui, yaitu sekitar delapan hingga 12 kali sehari. Jika Anda tidak mendapat cairan yang cukup, makan hal ini dapat menyebabkan dehidrasi dan sembelit, serta dapat menyebabkan penurunan pasokan ASI Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.