Sukses

Polusi Udara Bunuh Ratusan Juta Balita

Sungguh mengenaskan, tetapi itulah kenyataan yang dihadapkan ratusan juta di belahan dunia yang meninggal karena polusi udara

Liputan6.com, Jakarta UNICEF baru-baru ini melaporkan bahwa polusi udara telah merenggut nyawa banyak anak yang tinggal di daerah tercemar. Satu dari 10 kematian anak di bawah umur tiga tahun terjadi karena masalah pernapasan. Polusi udara menjadi salah satu penyebab kondisi ini.

"Anak-anak lebih rentan daripada orang dewasa. Polusi udara berbahaya untuk paru-paru, otak, dan sistem kekebalan tubuh yang terus berkembang. Anak-anak juga bernapas lebih cepat dibanding orang dewasa," kata UNICEF yang mengeluarkan peringatan ini pada Senin, 31 Oktober lalu. Polusi udara membuat kesempatan anak untuk bisa merayakan ulang tahun kelima.

UNICEF mencatat, sekitar dua miliar anak tinggal di daerah yang tinggi polusi udara luar, yang disebabkan emisi kendaraan, penggunaan bahan bakar fosil, debu, dan pembakaran limbah. Asia selatan memiliki jumlah anak yang tinggal di daerah itu paling besar, yaitu sekitar 620 juta anak. Afrika berada di posisi kedua dengan jumlah 520 juta anak. Sementara Asia Timur dan Asia Pasifik berjumlah 450 juta anak.

Direktur Eksekutif UNICEF Anthony Lake di Delhi mengatakan bahwa polusi udara merupakan faktor utama kematian sekitar 600.000 anak balita setiap tahun. Sama dengan menjadi ancaman untuk kehidupan jutaan anak di tahun-tahun mendatang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini