Sukses

Cara Efektif Redakan Nyeri Punggung Saat Hamil

Bagi banyak wanita, salah satu keluhan terbesar selama masa kehamilan adalah sakit punggung yang bisa menyebabkan ketidaknyamanan saat berak

Liputan6.com, Jakarta Bagi banyak wanita, salah satu keluhan terbesar selama masa kehamilan adalah sakit punggung yang bisa menyebabkan ketidaknyamanan saat beraktivitas sehari-hari. Lalu bagaimana cara meredakannya?

Anda mungkin tidak dapat mencegahnya secara maksimal, namun ada beberapa hal yang yang bisa membantu untuk meminimalkan rasa sakit punggung selama kehamilan. Berikut ulasannya, seperti dilansir dari Healthline, Rabu (2/11/2016):

1. Fokus dalam mempertahankan postur tubuh yang baik ketika Anda sedang duduk atau berdiri. Caranya, berdiri tegak dengan dada sedikit dibusungkan dan tarik bahu Anda ke arah belakang, lalu relaks.

2. Cobalah untuk tidak berdiri dalam jangka waktu yang lama. Namun jika Anda terlanjur berdiri lama, coba istirahatkan salah satu kaki pada permukaan yang lebih tinggi, seperti misalnya pada anak tangga.

3. Jika Anda perlu mengangkat sesuatu, ingat untuk berjongkok bukan membungkuk.

4. Hindari mengangkat benda yang berat.

5. Gunakan sepatu yang nyaman dan aman untuk ibu hamil, serta yang dapat memberikan dukungan yang baik pada tubuh Anda.

6. Lakukan latihan kehamilan yang aman untuk memperkuat dan mendukung perut serta punggung Anda. 

7. Seiring perut yang semakin membesar, coba pertimbangkan untuk mengenakan pakaian yang mendukung kehamilan, atau gunakan sabuk yang dapat membantu mengurangi tekanan pada punggung Anda.

8. Cari ahli tulang yang memang mengkhususkan dirinya dalam perawatan terkait kehamilan dan pelajari lebih banyak cara-cara yang bisa Anda gunakan untuk meringankan sakit punggung.

9. Ketika duduk, cobalah untuk mengangkat kaki Anda menggunakan suatu pijakan, dan pastikan bahwa kursi tersebut mampu memberikan dukungan yang baik pada punggung Anda.

10. Terakhir, banyak istirahat saat hamil.

Jika sakit punggung Anda sepertinya terkait dengan tingkat stres, kegiatan seperti meditasi, yoga prenatal, dan istirahat ekstra, dapat membantu mengelola tingkat stres tersebut. Anda juga bisa menggunakan kompres es dan melakukan pijat prenatal yang dapat mengurangi sakit punggung.

Walaupun sakit punggung biasanya merupakan hal yang normal saat hamil, namun dalam beberapa kasus bisa merupakan tanda dari masalah serius, seperti persalinan prematur atau infeksi saluran kemih. Selain itu, jika sakit punggung juga disertai demam, rasa terbakar saat buang air kecil, atau pendarahan pada vagina, ini tidak boleh diabaikan. Jika Anda mengalami gejala-gejala ini, hubungi dokter segera.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini