Sukses

Perlukah Diabetesi Olahraga Setiap Hari?

Liputan6.com, Jakarta Olahraga sangat penting untuk mencegah dan memerangi segala masalah kesehatan, termasuk diabetes. Namun ada hal yang perlu diperhatikan oleh diabetesi dalam menjalankan latihan fisik sehari-hari.

Seorang konsultan kesehatan keluarga dari Imperial College London Diabetes Centre, Abu Dhabi, Dr Ali Khalili, mengatakan bahwa pasien diabetes tipe 1 dan 2 perlu berolahraga setiap hari. Bahkan olahraga dapat mencegah individu terkena komplikasi diabetes tipe 2.

"Pasien diabetes dapat olahraga dengan jalan cepat selama 30 menit sehari yang diimbangi dengan diet yang terencana," ujar Khalili.

Khalili menyarankan pasien diabetes tipe 2 untuk mengonsumsi 30 sampai 50 gram karbohidrat beberapa jam sebelum latihan. Dan mengonsumsi sekitar 15 gram sampai 30 gram karbohidrat yang disajikan bersama menu dengan protein. Namun porsinya bergantung pada intensitas latihan.

"Asupan protein tergantung pada ukuran tubuh Anda, tetapi biasanya saya menyarankan 0.8 gram sampai 1 gram untuk per kilogram berat badan. Yang perlu ditambahkan adalah 1,5 gram protein per kilogram setelah melakukan latihan," kata Khalili, seperti dikutip dari laman The National, ditulis Selasa (1/11/2016).

Sumber protein yang direkomendasikan Khalili adalah protein whey, dada ayam sebesar 170 gram hingga 230 gram. Sementara bagi pasien diabetes tipe 1 membutuhkan jadwal olahraga dan menyesuaikan asupan karbohidrat mereka untuk mencegah kenaikan hipoglikemia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.