Sukses

8 Jenis Kecerdasan Anak Ini Wajib Orang Tua Kenali Sedari Dini

Sudah kenalkah Anda sebagai orang tua dengan 8 kecerdasan anak Anda? Yuk, kenali sejak dini!

Liputan6.com, Jakarta Sebagai orang tua kita tentu tak ingin kehilangan momen-momen bersama anak dan melihat tumbuh kembangnya. Namun, ada hal yang penting juga dan perlu Anda ketahui selagi anak dalam masa pertumbuhan. Ya, hal tersebut ialah menemukan kepintaran si kecil.

Bicara mengenai kecerdasan dan juga kepintaran, sebagai orang tua rasanya ingin sekali bukan memiliki anak-anak yang cerdas. Nah, terkadang masih banyak orang tua yang belum memahami betul cara mendefinisikan kecerdasan pada anak.

Memang ada beberapa cara untuk mendefinisikan kecerdasan. Kecerdasan itu bisa termasuk kreativitas, kepribadian, watak, pengetahuan, atau kebijaksanaan. Namun, beberapa psikolog tak memasukkan hal-hal tadi dalam kerangka definisi kecerdasan.

Kecerdasan biasanya merujuk pada kemampuan atau kapasitas mental dalam berpikir, namun belum terdapat definisi yang memuaskan mengenai kecerdasan Stenberg & Slater (1982) dalam mendefinisikannya sebagai tindakan atau pemikiran yang bertujuan dan adaptif.

Thomas Armstrong, Ph.D., yang menunjukkan delapan jenis kepintaran pada anak, yaitu Nature Smart, Number Smart, Body Smart, Self Smart, Word Smart, People Smart, Music Smart, dan Picture Smart.

Sudah kenalkah Anda sebagai orang tua dengan ke-8 jenis kepintaran anak tersebut? Simak penjelasan berikut ini:

1. Nature Smart
Ini terlihat jika anak Anda lebih sering dan senang jika Anda ajak berlibur ke alam terbuka, si kecil suka bermain dan menyayangi binatang juga tanaman, bisa dikatakan si kecil begitu nyaman dan peduli dengan lingkungan alam.

Sebagai orang tua saat melihat anak yang memiliki nature smart, Anda bisa mengajaknya berlibur ke alam bebas atau menemaninya berkebun, dengan mengenali tipe si kecil yang satu ini tentu akan membantu menstimulasi si kecil dengan jenis kepintaran nature smart ini.

2. Number Smart
Number smart jelas terlihat dan mudah sekali Anda kenali jika si kecil sudah senang berhitung, tertarik pada angka, matematika, sains, dan hal-hal yang berhubungan dengan berpikir dengan logika.

Jika Anda menemukan hal tersebut pada anak, maka number smart merupakan jenis kepintaran yang dimiliki si kecil. Ajak anak bermain monopoli atau mengunjungi museum untuk menstimulasi jenis kepintaran number smart ini.

3. Body Smart
Namanya saja sudah body smart, ya, jenis kecerdasan ini bisa terjadi pada si kecil jika dia sudah suka membuat sesuatu dengan tangan mereka, menyentuh, dan mengamati benda-benda di sekitarnya, bisa dibilang aktif untuk menggerakan organ tubuh mereka.

Anda bisa menstimulasi si kecil dengan mengajak bermain permainan menyusun balok atau kegiatan fisik seperti olah raga dan menari.

4. Self Smart
Saat si kecil lebih suka bermain sendiri, tahu mau menjadi apa saat besar nanti, mempunyai rasa percaya diri yang kuat, ini merupakan jenis kecerdasan self smart.

Kecerdasan si kecil akan lebih terasah dan bersinar jika Anda sebagai orang tua sering dan senang mengajak berbicara mengenai perasaan dan pendapat mereka tentang berbagai hal. Intinya sering ajak si kecil berkomunikasi dan menjadi pendengar yang baik. Alternatif lainnya Anda juga bisa mengajak anak yang memiliki jenis kecerdasan self smart ini dengan kegiatan yang bersifat reflektif seperti olahraga yoga.

5. Word Smart
Jenis kecerdasan word smart ini ditandai dengan kecenderungan anak yang suka membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan. Bila ini ditemukan pada anak Anda, maka yang bisa Anda lakukan ialah dengan menstimulasi kepintaran jenis word smart ini dengan kegiatan seperti bercerita, membaca bersama, mendongeng, dan berdialog dengan si kecil tentang pengetahuan yang baru.

6. People Smart

Jika si kecil lebih suka bermain dengan teman-temannya, memiliki empati, suka memimpin, dan bisa memahami perasaan orang lain. Sudah tentu anak Anda memiliki jenis kecerdasan people smart.

Bila begitu, maka sebagai orang tua perlu memperhatikan dan membimbing, dan memberi pengarahan agar si kecil tetap menjadi anak yang menyenangkan di lingkungan bermainnya dengan jenis kecerdasan yang dimilikinya tersebut.

7. Music Smart
Anak suka bernyanyi, menggoyangkan badan mengikuti irama, mendengarkan musik, dan bermain alat musik? Itu pertanda si kecil memiliki jenis kecerdasan music smart.

Biasanya tidak semua orang tua senang dengan anak yang terlalu menyukai musik ketimbang belajar berkutat dengan buku atau hitung-hitungan, namun, perlu Anda pikirkan kembali jenis kecerdasan ini bisa membawa masa depannya menjadi musisi mungkin atau pakar musik atau lainnya.

Support anak dengan cara mengajaknya bernyanyi bersama atau didaftarkan kursus vokal atau bermain alat musik dengan begitu ini lebih membuat anak menjadi terstimulasi kepintarannya dibidang bermusik.

8. Picture Smart
Anak dengan jenis kecerdasan picture smart ditandai dengan ketertarikan anak dengan kegiatan menggambar, mewarnai, suka berimajinasi, berfoto, dan bermain membangun sesuatu.

Untuk jenis kecerdasan ini Anda bisa mengajaknya menggambar bersama, membelikan peralatan gambar dan mewarnai agar si kecil lebih bersemangat berkarya, dan mengajak mereka ke pameran-pameran lukisan atau fotografi.

Untuk mengukur dan mengetahui seberapa pintar anak dan jenis kepintaran apa yang ada dan tumbuh pada si kecil, maka sebagai orangtua penting sekali untuk bisa menemukan wadah informasi yang tepat agar bisa mengetahui kepintaran anak dan potensinya demi masa depan Si Kecil supaya semakin bersinar.

Oleh karena itu Anda sebagai orang tua perlu juga mencari tahu berbagai info penting seputar anak dari sumber terpercaya. Yuk, klik di sini untuk memaksimalkan pengetahuan Anda demi tumbuh kembang si kecil!

 

Powered By:

Wyeth

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.