Sukses

4 Manfaat Tidur dengan Bawang di Kaki

Tahukah Anda, menyimpan bawang di kaki ternyata memiliki manfaat kesehatan?

Liputan6.com, Jakarta Ada kepercayaan, ketika bayi sedang demam, orangtua dulu biasanya menyarankan untuk menyimpan bawang yang telah dihaluskan di ubun-ubun kepala. Hal ini juga masih sering kita lihat di beberapa desa di Indonesia.

Meski begitu, cara ini tidak disarankan oleh dokter karena bisa membuat kulit iritasi pada bayi. Namun tahukah Anda, menyimpan bawang di kaki ternyata memiliki manfaat kesehatan.

Mengapa kaki?

Seperti dilansir Steptohealth, Senin (31/10/2016), kaki seringkali dilupakan dalam hal kesehatan. Padahal, bila diperhatikan sumber saraf atau titik meridian serta masalah peredaran darah berasal dari kaki. Ketika dirangsang, kaki memiliki akses pada seluruh masalah kesehatan. Tak heran pakar refleksiologi menyarankan untuk menggunakan bawang merah di kaki.

Berikut manfaat menggunakan bawang di kaki:

1. Terhindar dari infeksi

Bawang adalah antibiotik alami. Dengan menempatkan bawang merah pada telapak kaki, Anda terhindar dari infeksi. Tapi ini tidak berarti cara ini dilakukan untuk mengganti antibiotik yang Anda terima dari dokter Anda. Sebab bagaimanapun, cara ini hanya membantu pengobatan Anda menjadi lebih efektif.

2. Melepaskan racun

Racun residu dalam darah yang merusak kesehatan biasanya menumpuk di kaki. Nah, asam fosfat dalam bawang merah, bisa bekerja sebagai magnet untuk zat beracun sehingga membantu tubuh menghilangkan racun dengan mudah. Dengan melakukan perawatan ini secara teratur, Anda akan merasakan manfaat kesehatan jangka panjang.

3. Hidrasi tubuh Anda

Tahukah Anda bahwa bawang merah terdiri dari 90 persen air? Jika kita melihat pada titik-titik akupunktur, energi listrik dari meridian mendistribusikan semua air yang dibutuhkan tubuh untuk mencapai tingkat optimal.

Dalam hal ini, tidur dengan bawang di kaki akan membuat Anda tetap terhidrasi dengan baik. 

4. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Bawang merupakan sumber yang kaya vitamin E dan C yang sangat penting untuk menjaga pertahanan tubuh. Selain itu, vitamin ini merupakan antioksidan yang sangat baik dan mampu memperlambat proses penuaan.

 

Cara penggunaan

Meskipun ada banyak varietas bawang, lebih baik gunakan bawang merah atau bawang putih, pilih yang lebih mudah ditemukan.Iris bawah dan simpan di lengkungan masing-masing kaki.
Tutup dengan sepasang kaus kaki untuk menjaga mereka di tempat dan tidur.
Cara ini mungkin akan menyisakan bau pada kaki, namun Anda bisa menggunakan perasan jeruk dan cengkih untuk menghilangkan bau di tempat tidur. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini