Sukses

Cara Aman Atasi Obesitas pada Anak

Bertanya dengan dokter anak adalah langkah terbaik untuk mendapatkan cara mengatasi obesitas anak yang aman.

Liputan6.com, Jakarta Kelebihan berat badan obesitas tak hanya terjadi pada orang dewasa, tapi juga anak-anak. Jika pada orang dewasa yang mengalami obesitas dapat melakukan diet untuk mengurangi berat badannya, tidak demikian pada anak-anak.

Anak-anak dan dewasa memiliki patokan masing-masing dari kebutuhan gizi untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh yang sehat. Menurut ahli diet di Georgia State University, cara terbaik untuk membantu anak menurunkan berat badan adalah memastikan penurunan berat badannya dengan cara yang sehat.

Bertanya dengan dokter anak adalah langkah terbaik untuk mendapatkan cara menurunkan berat badan anak yang aman. Selain itu, Anda dapat mendukung langkah dokter dengan membantu anak dan keluarga melakukan gaya hidup yang sehat seperti berikut ini, dilansir dari laman WebMD, Senin (31/10/2016).

1. Tentukan berat badan yang ideal
Banyak anak muda tidak menentukan berat badan idealnya. Itu karena mereka masih dalam tahap pertumbuhan, mereka mungkin perlu untuk menjaga berat badan atau menaikkan berat badan secara perlahan.

2. Hindari diet dan obat pelangsing
Jika anak Anda mengalami obesitas, mungkin hal yang tercetus di pikiran orangtua adalah melakukan diet. Sebaiknya hindari rencana memangkas kalori, kecuali dokter anak Anda menyarankan itu. Kalori dan nutrisi lain diperlukan anak-anak untuk terus tumbuh dan berkembang. Selain itu, banyak diet yang memberi ajaran ada beberapa bahan yang buruk dimakan atau terbatas untuk dikonsumsi. Ini bisa membuat mereka memilih-milih makanan saat dewasa nanti.

Obat atau suplemen pelangsing juga tidak baik dikonsumsi anak Anda meski mengalami kelebihan berat badan. Memang, belum ada penelitian tentang bagaimana pil ini mempengaruhi anak-anak, namun kemungkinan pil pelangsing tidak aman untuk kesehatan anak-anak.

3. Beri contoh hidup sehat
Tidak hanya anak Anda yang mengalami obesitas saja yang harus konsumsi makanan sehat dan melakukan banyak kegiatan fisik. Anak akan meniru kebiasaan orang tua dan keluarganya. Sehingga, sangat penting untuk membuat perubahan dalam pola hidup keluarga Anda untuk hidup sehat dan dapat menurunkan berat badan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini