Sukses

Kenapa Kebanyakan Makan Telur Bikin Bokong Bisulan?

Kebanyakan makan telur bisa memicu timbulnya bisul atau jerawat pada bagian bokong.

Liputan6.com, Jakarta Masalah seputar kulit yang umumnya dihadapi manusia saat usianya beranjak dewasa yaitu, jerawat sayangnya tidak hanya menyerang bagian wajah saja namun juga bagian tubuh lainnya.

Keluhan soal jerawat beragam mulai dari yang timbul di bagian punggung hingga yang parah, bagian bokong. Hal ini sebetulnya sangatlah normal dan terjadi pada banyak orang.

Namun, kebanyakan dari mereka enggan membicarakannya lantaran merasa malu akan kondisi tersebut dan mengira hanya segelintir orang saja yang dihadapi kondisi menjengkelkan pada kulit tersebut.

Masalah seputar jerawat tentunya sudah sering dibicarakan di kalangan masyarakat. Akan tetapi, khusus untuk yang timbul di bagian bokong masih tergolong jarang dan pastinya banyak dari mereka yang mengalaminya ingin tahu pasti mengapa jerawat tersebut timbul di bagian bokong dan membuatnya tersiksa saat duduk.

Pertanyaan lebih mendalam terkait dengan hal tersebut adalah, mengapa mengonsumsi telur, terutama saat pengonsumsiannya dalam jumlah banyak, dengan cepatnya membuat jerawat atau bisul timbul di bagian bokong?

Melansir Everyday Health, Senin (31/10/2016), telur yang kita konsumsi kaya akan kandungan proteinnya. Kandungan protein berlebih dalam tubuh saat jumlah telur yang dikonsumsi tergolong banyak secara otomatis meningkatkan kadar insulin dan memicu terjadinya peradangan.

Peradangan yang terjadi dalam tubuh akibat peningkatan insulin kemudian memicu produksi kelenjar minyak berlebihan yang mana turut mengundang bakteri kotor pembuat jerawat atau bisul.

Terlebih, jika Anda mengonsumsi telur yang dihasilkan oleh unggas golongan non-organik atau yang telah disuntikkan antibiotik layaknya yang digunakan sebagai bahan dasar asupan makanan cepat saji, maka sangat mungkin hormon alami Anda terganggu dan menjadi kurang stabil dengan keberadaan hormon antibiotik buatan yang dikandung oleh telur asal unggas non-organik tersebut.

Pasalnya, ketidakseimbangan hormon dalam tubuh membuat kelenjar minyak menjadi tidak terkendalikan dan dari situlah jerawat timbul, bahkan di bagian tubuh tertentu yang membuat Anda tidak nyaman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Bisul (furunkel) adalah infeksi bakteri yang memicu peradangan di dalam folikel rambut (lubang tempat rambut tumbuh).

    Bisul

  • Jerawat (acne) adalah gangguan pada kulit yang berhubungan dengan produksi minyak (sebum) berlebih.

    Jerawat

  • telur

  • Bokong