Sukses

6 Aroma Ini Efeknya Luar Biasa untuk Individu yang `Moody`

Suasana hati sering buruk? hirup bau-bau menyegarkan ini, dijamin mood Anda menjadi lebih baik.

Liputan6.com, Jakarta Sebagian besar manusia yang terlahir di dunia diberikan sejumlah anugerah oleh penciptanya yang salah satunya adalah indra penciuman. Dengan keberadaan indra penciuman tersebut, manusia mampu menghirup udara sekaligus mencium bau atau aroma dari hal-hal yang harum dan menenangkan, hingga yang tidak enak dan mampu menimbulkan rasa atau bau yang memicu ketidaknyamanan.

Percaya atau tidak, indra penciuman kita memiliki kemampuan spesial yaitu, menghirup bau atau aroma tertentu yang bisa mengingatkan kita kembali akan suatu momen atau kenangan dalam hidup kita yang begitu berharga, melekat di hati dan memiliki makna begitu kuat hingga secara langsung dan tidak memiliki asosiasi dan pengaruh kuat terhadap segala unsur kehidupan yang tengah dijalani pada saat ini.

Meski pun kita terekspos pada bermacam-macam jenis bau atau aroma semasa hidup kita, tentunya kita tidak bisa mengingat semuanya secara mendetail dan secara spesifik mengasosiasikannya pada momen tertentu, terkecuali yang betul-betul mengenai memori sekaligus psikis kita akan seseorang.

Selain memberikan kesempatan untuk kembali mengingat momen khusus dalam hidup kita, aroma juga memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap suasana hati seseorang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengaruh aroma terhadap mood



Pengaruh-pengaruh aroma terhadap mood seseorang versi Psychology Today, Minggu (30/10/2016) termasuk:

1. Aroma lemon, citrus dan sejenisnya membantu meningkatkan persepsi atau kewaspadaan seseorang akan kesehatan atau kondisi fisiknya.
2. Aroma floral khususnya yang berasal dari bunga lavender membantu memperbaiki suasana hati yang sedang gundah atau secara umum buruk. Akan tetapi, sayangnya aroma ini juga terbukti menghambat kemampuan berhitung atau menguasai ilmu matematika seseorang.
3. Aroma eucalyptus yaitu seperti minyak kayu putih membantu meningkatkan laju serta stabilitas saluran pernapasan sekaligus membuat seseorang lebih waspada akan suatu hal.
4. Aroma alkohol jenis phenethyl yaitu bau dari minyak mawar bisa membantu mengurangi tekanan darah, khususnya bagi mereka yang tergolong memilikinya dalam kadar tinggi.
5. Aroma melati membawa ketenangan hati dan membuatnya lebih ikhlas dalam upaya melepaskan sesuatu atau seseorang yang memiliki arti sangat kuat baginya.
6. Aroma vanilla bisa membantu membuat seseorang merasa seksi, lebih kompeten, dominan, percaya diri dan puas saat bercinta atau menghabiskan waktu dengan pasangannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini