Sukses

5 Tanda Anda Kurang Mendapat Asupan Vitamin D

Kekurangan vitamin D tentunya berbahaya untuk kesehatan tubuh Anda. Berikut tanda-tanda bahwa Anda kekurangan vitamin D

Liputan6.com, Jakarta Kurang mendapat asupan vitamin D dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan diabetes hingga 2,5 kali lipat. Anda yang merasa sudah menjalankan pola hidup sehat, tidak menutup kemungkinan masih kekurangan vitamin D.

Berdasarkan pendataan yang dilakukan oleh profesor kedokteran di Boston University School of Public Health, Michael Holic dan tim, terdapat satu miliar orang di seluruh dunia kekurangan vitamin D. Kondisi ini juga menimpa para pelaku hidup sehat yang sehari-hari mengonsumsi menu makanan 4 sehat dan 5 sempurna, serta tidak lupa berolahraga.

Anda dapat mengetahui apakah kekurangan vitamin D atau tidak, berdasarkan tanda-tanda di bawah ini, seperti dikutip dari Prevention pada Sabtu (29/10/2016)

1. Tulang patah

Massa tulang berhenti tumbuh di usia sekitar 30 tahun. Kekurangan vitamin D dapat mempercepat atau memperburuk gejala osteoporosis. Pada orang-orang yang cukup asupan vitamin D, risiko yang satu ini tentu dapat mereka hindari. Cukupi asupan vitamin D Anda dengan mengonsumsi makanan-makanan tertentu, ditambah dengan suplemen, dan jangan lupa untuk sering berjemur di bawah sinar matahari pagi.

2. Sakit kronis

Beberapa orang merasakan sakit dan nyeri di tulang yang dikenal sebagai osteomalacia. Mereka yang didiagnosis radang sendi atau fibromyalgia tidak memenuhi asupan vitamin D sehingga mengalami rasa sakit di bagian sendi dan otot. Vitamin D dapat mengatasi nyeri setelah olahraga dan meningkatkan pemulihan otot.

3. Keringat berlebih

Keringat berlebih sulit untuk diketahui pada bayi yang baru lahir. Tapi, dahi yang berkeringat adalah salah satu gejala pertama yang mencolok, begitupun pada orang dewasa. Bila aktivitas yang dilakukan tidak menguras energi namun Anda mengeluarkan banyak keringat, coba cek kesehatan dengan mengunjungi dokter Anda.

4. Suasana hati yang buruk

Depresi terkadang sering dihubungkan dengan kekurangan vitamin D. Meski belum diketahui pasti alasannya, namun kandungan mineral dalam vitamin D bisa bekerja di bagian otak yang sama dengan mood Anda. Sehingga, ini bisa berdampak pada hormon yang sama seperti serotonin yang bisa mempengaruhi suasana hati Anda.

5. Merasa letih dan lelah

Kekurangan vitamin D dapat membuat Anda merasa kelelahan. Asupan vitamin D yang tepat membantu Anda mempertahankan imunitas tubuh. Peneliti dari Harvard telah mengaitkan suplemen vitamin D dengan peningkatan kontrol otot tubuh.

(Aluna Swara)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini