Sukses

10 Fakta Menarik tentang Golongan Darah Tipe B

Golongan darah B yang cinta kebebasan, cuek tapi selalu ingin diperhatikan serta kreatif ini memiliki beberapa fakta menarik.

Liputan6.com, Jakarta Membahas golongan darah tentu menarik. Apalagi bagi orang yang memiliki golongan darah B. Dia yang cinta kebebasan, cuek tapi selalu ingin diperhatikan serta kreatif ini memiliki beberapa fakta menarik.

Simak ulasan mengenai golongan darah B, seperti dikutip dari Thrombocyte, Sabtu (29/10/2016):

1. Jenis golongan darah paling banyak

Golongan darah B itu sangat berharga karena cocok dengan kebutuhan populasi dunia. Bagaimana pun, golongan darah ini dimiliki satu dari 12 orang. Artinya sekitar 8,5 persen populasi memiliki golongan darah B positif.

2. Bagaimana bila golongan darah B memiliki anak?

Jika golongan darah orangtua terdiri dari O dan B, golongan darah anak akan baik O atau B.

Jika golongan darah orangtua terdiri dari O dan AB, golongan darah anak baik akan A atau B.

Jika golongan darah orangtua terdiri dari A dan B, golongan darah anak akan baik menjadi salah satu O, A, B, atau AB.

Jika golongan darah orangtua terdiri dari A dan AB, golongan darah anak baik akan menjadi salah satu A, B, atau AB.

Jika golongan darah orangtua terdiri dari B dan B, golongan darah anak akan baik O atau B.

Jika golongan darah orangtua terdiri dari B dan AB, golongan darah anak akan baik menjadi salah satu B, A, atau AB.

Jika golongan darah orangtua terdiri dari AB dan AB, golongan darah anak baik akan menjadi salah satu A, B, atau AB.

3. Kecocokan golongan darah dari B+

Seseorang yang memiliki golongan darah B memiliki dua antigen B dan Rh (rhesus) dalam darahnya. Jadi ketika melakukan transfusi, dia bisa menyumbangkan darahnya pada B +, B-, O + dan O-.

4. Kecocokan golongan darah untuk B

AB + merupakan individu yang bisa menyumbangkan darahnya ke golongan darah B+ dan AB+ saja. Hal ini karena adanya antigen B dan antigen Rh dalam darah. Individu laki-laki dapat menyumbangkan darah hingga 4 kali setiap tahun sementara perempuan dapat memberikan darah sampai tiga kali setahun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kecocokan plasma B

5. Kecocokan plasma B bisa menerima B dan AB

Golongan darah B tidak membawa B antibodi, membuat plasma darah B hanya dapat diberikan untuk O dan B.

6. Memiliki Rh Factor

Rh Factor merupakan penanda tambahan di dalam darah. Hal ini dapat diklasifikasikan sebagai Rh positif atau Rh negatif. Penanda ini hanya digunakan untuk perbedaan genetik. A B golongan darah positif adalah Rh positif.

7. Tingkat kekebalan tubuh

Jenis golongan darah B cenderung sensitif terhadap beberapa makanan yang memicu kerentanan terhadap penyakit autoimun dan virus. Namun golongan darah B yang sehat biasanya memiliki risiko kecil penyakit.

8. Kepribadian

Golongan darah B adalah pendengar yang baik. Dia orang yang fleksibel, kreatif, idealis, subjektif dan peduli pada orang lain meski kadang cuek.

9. Rekomendasi Diet

Golongan darah B dianjurkan untuk mengonsumsi telur, susu rendah lemak, sayuran hijau dan daging. Di sisi lain, makanan yang mempengaruhi produktivitas metabolisme seperti gandum, jagung, kacang tanah, biji wijen dan tomat harus dihindari.

Konsumsi ayam juga harus diganti dengan domba atau kambing. Hal ini karena ayam mengandung agglutinating lektin yang dapat menyebabkan kerusakan pada aliran darah yang disebabkan gangguan kekebalan tubuh atau stroke.

10. Rekomendasi olahraga

Latihan dan meditasi sangat penting untuk menjaga kebugaran golongan darah B. Ini juga akan membantu menjaga keseimbangan pikiran dan tubuh. Selain itu, olahraga lainnya yang cocok adalah hiking, bersepeda, golf, tenis dan seni bela diri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini