Sukses

Bahaya Minum Susu Berlebihan pada Anak

Meski susu memiliki banyak manfaat untuk anak-anak, namun jika dikonsumsi secara berlebihan, efeknya juga kurang baik.

Liputan6.com, Jakarta Meski susu memiliki banyak manfaat untuk anak-anak, namun jika dikonsumsi secara berlebihan, efeknya juga kurang baik.

Menurut dokter jaga HD anak dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Dr. Cahyani, minum secara berlebihan justru akan membuat anak kekurangan gizi.

“Kalau dia banyak minum susu, dia jadinya tidak memakan sumber gizi lainnya yang diperoleh dari nasi, sayur, dan lauk pauk karena kekenyangan minum susu. Sehingga ia kekurangan zat besi dan zat gizi lainnya,” ujarnya pada Health-Liputan6.com di RSCM, Jumat (28/10/2016).

Selain itu, kata dia, anak juga tidak bisa belajar mengunyah makanan. "Kalau dia lagi belajar bicara, tapi dia hanya belajar menyedot, menghisap, menyusu saja, bisa saja bicaranya kurang jelas karena dia tidak belajar mengunyah. Jadi pastikan ia makan seperti orang normal lainnya, yaitu dengan sendok, dengan nasi, dengan lauk pauk. Jadi ia belajar mengunyah, belajar menggerakkan lidah,” ujarnya.

Sarannya, jumlah konsumsi susu yang tepat untuk dikonsumsi anak tidak lebih dari 500 ml. Jika orangtua ingin mengurangi kebiasaan anak minum susu berlebih, mereka bisa mengurangi jumlahnya secara perlahan-lahan, tidak drastis.

“Misalnya dia minum enam gelas susu sehari, coba pelan-pelan kurangi jadi 4 gelas dulu dan dilanjutkan besok dengan jumlah yang lebih sedikit. Karena mengurangi dengan drastis, itu tidak mudah. Dan ingat, isi makan dia nasi dulu, kalau dia masih lapar, baru ibu kasih susu,” ujar Cahyani.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini