Sukses

Hindari Minum Kopi Terlalu Pagi

Selain teh, kopi merupakan minuman yang sering dinikmati setiap pagi.

Liputan6.com, Jakarta Selain teh, kopi merupakan minuman yang sering dinikmati setiap pagi. Kopi dipercaya memberikan energi lebih sebelum beraktivitas seharian.

Kafein yang terkandung pada kopi sudah terbukti dapat membawa manfaat bagi kesehatan seperti mengurangi risiko demensia, meningkatkan metabolisme, dan menurunkan risiko kanker kulit.

Namun, sebuah penelitian menemukan dalam situasi tertentu ada efek samping yang dapat ditimbulkan dari minum kopi. Seperti, kecemasan hingga lelah yang berlebihan.

Empat waktu berikut ini sebaiknya Anda hindari untuk menyesap kopi agar terhindar dari dampak buruknya seperti dilansir Prevention, Jumat (27/10/2016).

1. Minum kopi ketika terlalu panas

Menurut World Health Organization (WHO), minum kopi yang sangat panas bisa memicu kanker esofagus atau kerongkongan. Kopi panas biasanya disajikan di kedai kopi. Jika Anda membuat kopi sendiri di rumah, menambahkan susu atau krim bisa menurunkan suhunya, tetapi hanya sekitar lima derajat.

Sebaiknya, tunggu sejenak hingga kopi agak dingin. Secangkir kopi hitam biasanya membutuhkan waktu hingga lima menit untuk mendinginkannya.

2. Hindari kopi jika sering cemas

Kafein memiliki efek rangsangan pada sistem saraf. Ini menyebabkan pelepasan hormon stres kortisol yang bisa memicu rasa panik, dan memperburuk kecemasan juga masalah tidur.

Pertimbangkan untuk membatasi asupan kopi Anda atau minum paling lambat enam jam sebelum tidur untuk menghindari tidur tak nyenyak.

3. Minum kopi terlalu pagi

Minum secangkir kopi terlalu pagi sekitar pukul 05.00 hingga 06.00, sebenarnya tidak membangun energi Anda sepenuhnya. Karena, pada jam pertama setelah Anda bangun, tingkat hormon stres kortisol berada di puncaknya yang bisa memberikan Anda energi alami dari dalam tubuh.

Banyak ahli sepakat bahwa waktu terbaik untuk minum kopi pertama adalah sekitar pukul 10.00 hingga 12.00. Waktu tersebut merupakan saat dimana hormon kortisol mulai menurun. Apabila Anda minum kopi terlalu pagi, kemungkinan Anda akan butuh kopi lagi di di siang hari.

Minum kopi berlebihan diketahui bisa membawa dampak buruk pada kesehatan Anda. Kelebihan kopi bisa memperburuk Anda yang memiliki penyakit tekanan darah tinggi, diabetes dan penyakit asam lambung.

4. Jangan minum kopi saat mengantuk

Kopi memang dipercaya untuk mengusir rasa kantuk. Jadi, ketika Anda sangat membutuhkan tidur dan rasa kantuk sudah datang, jangan minum kopi.

Penelitian menemukan bahwa kafein tidak lagi efektif menghilangkan kantuk ketika Anda tidur kurang dari lima jam selama tiga hari berturut-turut.

Tidur yang terlalu sebentar menyebabkan penurunan tajam kinerja kognitif tubuh dan ini tidak bisa diatasi oleh kafein. Jika Anda tidak tidur selama minimal tujuh jam, hindari kopi. Cobalah untuk tidur siang selama 20 menit saja ketika merasa ngantuk atau lelah.

Ini bisa membantu Anda mengatasi kurang tidur dan menyegarkan kembali tubuh.



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini