Sukses

Manfaat Aerobik bagi Lansia Tak Sebatas Kebugaran

Inilah gunanya rutin melakukan aerobik di usia tua.

Liputan6.com, Jakarta Orang tua dan orang dewasa yang mulai bermasalah dengan memori dianjurkan untuk rutin aerobik. Selain tekanan darah yang akan selalu normal, manfaat dari aerobik berdasarkan studi para peneliti di University of British Columbia di Vancouver, Kanada adalah memperbaiki keterampilan berpikir mereka yang mulai menurun.

Dari rajinnya orang tua melakukan aerobik, hipertensi yang meningkatkan risiko untuk mengembangkan demensia atau Alzheimer dapat dihindari. Kerusakan pembuluh dasar besar dan kecil di otak juga bisa dihindari dengan aerobik.

"Penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga dapat membantu mengurangi risiko pengembangan masalah memori. Namun, dari beberapa studi yang pernah ada, aerobik dapat membantu orang yang sudah memiliki masalah ini menjadi lebih baik," kata Teresa Liu Ambrose dari University of British Columbia dikutip dari Times of India, Jumat (28/10/2016)

Teresa dan tim melibatkan 70 orang dengan usia rata-rata sekitar 74 tahun yang memiliki kerusakan kognitif ringan pembuluh darah. Setelah diberi pembekalan untuk aerobik, kemampuan berpikir mereka meningkat 1,7 poin dibanding mereka yang tidak aerobik.

Penelitian ini dipublikasikan dalam jurnal Neurology.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.