Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Ketahui Ciri-ciri Wanita Alergi Air Mani Suami

Vagina nyeri, gatal, sensasi terbakar, bengkak setelah bercinta tak selalu tanda alergi air mani. Lalu bagaimana cara mengetahuinya?

Liputan6.com, Jakarta Bila wanita mengalami rasa gatal dan bengkak di area vagina usai bercinta bisa jadi itu adalah infeksi jamur atau mungkin gejala infeksi penyakit menular seksual. Namun bisa juga merupakan tanda wanita tersebut alergi air mani suaminya.

Menurut International Society for Sexual Medicine (ISSM), alergi air mani (seminal plasma hypersensitivity) merupakan sebuah reaksi alergi yang jarang terjadi akibat protein yang tedapat dalam air mani pria. Gejalanya terjadi rasa nyeri, gatal, sensasi terbakar, bengkak di vagina setelah 10-30 menit bercinta. Lalu, rasa tidak menyenangkan tersebut tidak hanya terjadi pada vagina tapi juga kulit maupun mulut.

Reaksi alergi air mani pun bisa amat serius dan berdampak pada seluruh tubuh. Seperti gatal-gatal di seluruh tubuh hingga kesulitan bernapas yang bisa mengancam jiwa.

"Hal ini tidak umum sebenarnya, namun lebih banyak kasusnya dari perkiraan orang-orang," kata pakar kesehatan wanita, Jennifer Wider, mengutip laman SELF, Kamis (27/10/2016).

Ilustrasi Sperma atau Sel Reproduksi Laki-laki. (iStockphoto)

Namun jika mengalami gejala-gejala yang mirip dengan alergi air mani di atas sebaiknya segera mengonsultasikan dengan dokter kebidanan dan kandungan. Dokter akan melakukan tes penyebab munculnya gejala-gejala tidak menyenangkan tersebut apakah infeksi atau alergi air mani.

Jika dokter kebidanan dan kandungan mencurigai ke arah alergi air mani, ia akan merujuk ke ahli alergi untuk melakukan serangkaian tes kulit dengan air mani seperti diungkapkan dokter kebidanan dan kandungan Sherry Ross.

Bila hasilnya alergi air mani tingkat ringan, bisa dilakukan tindakan untuk mengatasinya. Dalam jurnal Obstetrics and Gynecology disebutkan dengan cara intravaginal desensitization (semacam paparan air mani pada vagina). Wider juga mengatakan penggunaan kondom juga bisa mengurangi rasa tidak nyaman.

Secara umum wanita yang alergi air mani sulit hamil. Namun ISSM mengatakan lewat program bayi tabung wanita alergi air mani bisa hamil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini