Sukses

Hiperhidrosis, Keringat Berlebih di Ketiak, Tangan, dan Kepala

Apa penyebab orang mengalami keringat berlebih? Apa itu keringat berlebih? Haruskah takut kalau mengalami keringat berlebih?

Liputan6.com, Jakarta Keringat berlebih boleh dianggap normal apabila terjadi saat Anda merasa gugup atau memang suhu yang terlalu panas. Namun harus waspada apabila Anda mengalami keringat berlebih tanpa sebab yang jelas. Bisa jadi Anda terkena hiperhidrosis.

Hiperhidrosis adalah kondisi umum di mana seseorang mengalami keringat berlebih. Lebih dari yang tubuh butuhkan untuk mengatur suhunya.

Keringat berlebih biasanya tidak menimbulkan ancaman serius bagi kesehatan. Namun, kondisi itu dapat membuat Anda malu dan menyedihkan. Sebab Anda menjadi tidak nyaman dan mengalami penurunan kualitas hidup, karena mendadak jadi tidak percaya diri.

Berkeringat di satu area tubuh saja Anda sudah merasa risih, apalagi orang dengan hiperhidrosis, keringat akan keluar dari telapak tangan, kaki, kepala, atau ketiak.

Dikutip dari situs American Academy of Dermatology pada Kamis (27/10/2016) disebutkan bahwa ciri-ciri lain Anda mengalami hiperhidrosis atau keringat berlebih adalah sering berkeringat bahkan sekujur tubuh "banjir" saat bangun tidur padahal suhu kamar Anda tidak panas.

Orang yang kerap mengalami keringat berlebih sebaiknya cepat-cepat melakukan konsultasi medis untuk mengetahui penyebabnya. Bisa jadi karena kondisi medis atau efek samping dari obat atau suplemen yang Anda minum.

Lebih lanjut, ada delapan kondisi medis yang dapat menyebabkan Anda mengalami keringat berlebih. Diabetes, encok, cedera (trauma kepala akibat kecelakaan), haid yang tidak teratur, kegemukan, tiroid yang terlalu aktif, demam, atau tumor.

Semakin cepat keringat berlebih ini diatasi, semakin mempercepat mengembalikan kepercayaan diri yang sempat hilang karena keringat kerap muncul di tempat yang tidak diinginkan, seperti di ketiak.

Orang dewasa bisa saja menyembunyikan keringat berlebih dengan mengenakan pakaian dalam agar tampak samar atau sering mengganti pakaian. Yang kasihan apabila keringat berlebih dialami anak-anak dan remaja yang sedang bersekolah. Mereka akan malu untuk mengangkat tangannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.