Sukses

3 Cara Kurangi Kilap Wajah Berminyak Pakai Madu

Salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk mengurangi kilap pada wajah berminyak adalah madu.

Liputan6.com, Jakarta Diantara bahan-bahan alami yang ada, madu merupakan salah satu yang punya banyak manfaat hebat. Termasuk mengurangi kilap pada wajah berminyak.

Ada beberapa alasan yang membuat madu dimanfaatkan sebagai solusi wajah berminyak, diantaranya sebagai berikut:

1. Memiliki sifat yang membantu mengurangi kemungkinan infeksi kulit.

2. Memiliki sifat melembapkan namun tidak membuat kulit terlalu berminyak.

3. Madu memiliki sifat antiseptik dan antibakteri yang membantu mengatasi jerawat. Selain itu madu juga bisa mencegah jerawat datang kembali.

4. Madu kaya nutrisi sehingga bisa membantu menyehatkan kulit.

Saat mengaplikasikan madu untuk mengurangi minyak di wajah bukan cuma sebagai masker saja. Ada beragam cara yang bisa digunakan seperti mengutip laman Style Craze pada Kamis (27/10/2016).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaatkan madu untuk kurangi kilap wajah berminyak

1. Cleanser (Pembersih wajah)

Anda bisa memanfaatkan madu sebagai cleanser atau pembersih wajah. Caranya dengan mengoleskan madu ke wajah yang basah. Lalu gosok-gosok secara lembut. Lanjutkan dengan membersihkan wajah menggunakan air bersih. Cara ini bisa membuat kotoran di dalam pori-pori wajah jadi terangkat.

Cairan yang dihasilkan lebah ini punya manfaat luar biasa mulai dari atasi batuk hingga ketombe. (Foto: news.beekepers.com)

2. Scrub

Madu bisa dimanfaatkan mengangkat sel kulit yang mati, kotoran, maupun menghaluskan kulit lewat metode scrubbing. Caranya:
- Ambil 3 sendok makan madu, lalu campurkan dengan setengah sendok teh garam. Campur rata.
- Lalu oleskan ke wajah sambil dipijat lembut. Lalu bilas menggunakan air bersih.

3. Mengontrol jerawat

Wajah berminyak berpotensi berjerawat. Nah ada baiknya rutin melakukan masker dengan madu yang dipadukan dengan bahan-bahan lain untuk mencegah jerawat muncul.

Caranya:
- Campurkan 1 sendok makan madu dengan 1 sendok makan susu. Lalu campurkan juga dengan 1 sendok makan kunyit bubuk dan setengah sendok madu. Campur rata semua bahan.

- Aplikasikan campuran bahan tersebut ke wajah. Biarkan mengering sekitar 25-30 menit. Lalu bersihkan wajah menggunakan air dingin.

Kehadiran madu dan susu mampu melembutkan kulit. Sementara lemon dan kunyit bisa mengontrol jerawat dan mencegah datang kembali.

Catatan
Agar hasil maksimal ada beberapa catatan yang perlu diingat:
- Sebaiknya pilih madu organik
- Sebelum mengaplikasikan madu, cuci wajah dengan air hangat agar pori-pori sedikit terbuka. Sesudah mengaplikasikan tiga cara di atas, basuh wajah dengan air dingin agar pori-pori wajah tertutup.
- Untuk hasil maksimal cuci wajah secara rutin dua kali sehari. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini