Sukses

6 Cara Alami agar ASI Berlimpah

Beragam usaha dilakukan ibu agar pasokan ASI lancar, mulai dari makanan hingga pikiran perlu dijaga.

Liputan6.com, Jakarta Semua orang sudah tahu air susu ibu (ASI) merupakan makanan terbaik untuk bayi. Para ibu tentu berkeinginan agar produksi ASI-nya berlimpah. Beragam usaha pun dilakukan ibu agar pasokan ASI lancar.

Nah berikut enam cara alami agar produksi ASI berlimpah seperti dikutip dari laman Parents, Kamis (27/10/2016).

1. Konsumsi makanan sehat dan seimbang

Ibu yang menyusui wajib mengonsumsi makanan sehat yang mengandung karbohidrat, buah, sayuran, dan protein. Jangan lupa untuk mengonsumsi camilan sehat karena ibu menyusui cepat lapar.

2. Minum air putih secukupnya

Tetap terhidrasi membantu tubuh memproduksi ASI. Karena itu, pastikan untuk rutin minum air putih.

3. Tidur

Awal menjalani peran sebagai ibu pasti sulit untuk tidur. Selain adaptasi terhadap peran baru butuh waktu, sering terbangun tengah malam membuat waktu tidur berkurang. Namun cobalah untuk curi-curi waktu saat bayi tidur.

4. Melepas stres

Masa awal menjadi ibu penuh dengan aneka pekerjaan tak jarang membuat stres, hal itu bisa membuat produksi ASI jadi menurun. Oleh karena itu sediakan waktu untuk melepas atau paling tidak menurunkan stres dengan berlatih bernapas maupun meditasi.

5. Minta bantuan

Tak ada salahnya meminta bantuan orang-orang di sekitar untuk bergantian menjaga sang buah hati. Misalnya kepada suami atau ibu.

6. Susui bayi secara rutin

Semakin sering menyusui produksi ASI pun meningkat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.