Sukses

Kantong Mata Juga Bisa Terjadi Karena Keturunan

Liputan6.com, Jakarta Kantong mata yang Anda punya bisa terjadi karena keturunan. Orang-orang yang memiliki kantong mata karena kondisi kulit seperti eksim atopi rata-rata dipengaruhi oleh faktor warisan orangtua.

"Semakin atopinya kuat, tidak ada geloyor, maka kantong mata yang dia punya cenderung gelap. Orang-orang dengan atopi ini biasanya punya riwayat keturunan," kata Spesialis Kulit dan Kelamin dari RS Surya Husada Bali Dr Laksmi Duarsa saat dihubungi Health Liputan6.com pada Rabu (26/10/2016)

Ahli bedah plastik dari Beverly Hills, Payman Simoni MD juga mengatakan bahwa kantong mata atau lingkaran hitam di bawah mata terjadi akibat faktor genetik dan lingkungan yang membuat warna kulit di bawah lebih gelap (hiper pigmentasi).

Menurut Payman, sebagian besar masalah hiperpigmentasi dapat diobati dengan pemutih kulit (hydroquinone) selama beberapa bulan.

"Kalau mau cepat bisa dengan laser atau chemical skin resurfacing," kata Payman dikutip dari Real Self.

Dengan usia atau kecenderungan genetik, lanjut dia, beberapa orang mendapat kekosongan di bawah mata yang menciptakan bayangan gelap. Untuk memperbaiki lipatan biasanya menggunakan Restylane.

"Terkadang tonjolan lemak di bawah mata membuat bayangan di bawah mata menciptakan lingkaran hitam (kantong mata). Operasi kelopak mata tradisional bisa membantu mengatasi masalah ini," ujar Payman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini