Sukses

5 Penyebab Timbulnya Kantong Mata dan Cara Mengatasinya

Ketika usia semakin bertambah, struktur jaringan dan otot yang mendukung kelopak mata Anda melemah.

Liputan6.com, Jakarta Ketika usia semakin bertambah, struktur jaringan dan otot yang mendukung kelopak mata Anda melemah, dan timbul kantong mata. Kulit pun mungkin mulai melorot, serta lemak yang biasanya terbatas pada sekitar mata dapat pindah ke area bawah mata.

Sementara, ruang bawah mata Anda bisa menumpuk cairan sehingga membuat tampak bengkak. Beberapa faktor yang menyebabkannya, dilansir laman Mayoclinic, Rabu (26/10/2016).

1. Retensi cairan akibat perubahan cuaca.
2. Kadar hormon .
3. Kebanyakan mengonsumsi makanan asin.
4. Alergi atau dermatitis, terutama jika bengkak disertai dengan kemerahan dan gatal-gatal.
5. Keturunan.

Munculnya kantong di bawah mata biasanya bisa ditutupi dengan kosmetik sehingga tidak memerlukan pengobatan khusus. Perawatan di rumah dan gaya hidup dapat membantu mengurangi atau menghilangkan mata bengkak.

Namun jika masih khawatir dengan munculnya kantong mata, Anda pun bisa mengobatinya dengan cara:

1. Beri obat

Jika Anda berpikir pembengkakan di bawah mata disebabkan oleh alergi, tanyakan kepada dokter tentang resep obat alergi.

2. Terapi

Berbagai perawatan kerut digunakan untuk memperbaiki penampilan bawah mata. Ini termasuk laser resurfacing, kulit kimia dan filler yang dapat meningkatkan warna kulit, mengencangkan kulit serta meremajakan tampilan kantong bawah mata.

3. Operasi kelopak mata

Operasi kelopak mata (blepharoplasty) adalah pilihan untuk menghapus kantong di bawah mata. Selama blepharoplasty, ahli bedah akan memotong tepat di bawah bulu mata di lipatan alami mata.

Dokter bedah menghilangkan atau mendistribusikan kembali kelebihan lemak, otot dan kulit kendur. Dokter menggabungkan kembali kulit dengan jahitan yang disamarkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini