Sukses

Bahaya Konsumsi Sup Kaki Kambing Berlebihan

Mengonsumsi makanan favorit seperti sup kaki kambing memang menyenangkan.

Liputan6.com, Jakarta Menikmati hidup dengan mengonsumsi makanan favorit seperti sup kaki kambing memang menyenangkan. Namun hati-hati risiko kesehatan yang akan Anda hadapi mengingat makanan ini mengandung banyak lemak dan kolesterol yang bisa memicu penyakit.

Begitu disampaikan Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan, dr Untung Suseno Sutarjo, M Kes saat ditemui wartawan di kantor Kemenkes, Selasa (25/10/2016).

"Usia di bawah 30 bolehlah makan sup kaki kambing, tapi 45 ya batasi. Bahaya lemaknya itu," ujarnya. 

Kementerian Kesehatan mencatat, batasan lemak yang disarankan per orang setiap hari hanya 67 gram (5 sendok makan minyak). Konsumsi berlebihan akan meningkatkan risiko obesitas, penyakit jantung hingga kanker.

Menurut Untung, untuk tetap sehat dan bugar, ada beberapa hal yang bisa dilakukan seperti berjalan kaki rutin.

"Jalan kaki sehari 5 ribu langkah saja. Saya perhatikan orang kita itu bentar-bentar naik motor. Orang Indonesia juga terlalu sering naik kendaraan," ujarnya.

Untung berharap, pemerintah daerah di tiap-tiap kota untuk memperhatikan fasilitas trotoar agar masyarakat terbiasa berjalan kaki dan lebih sehat. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini