Sukses

SEGERA, Cara Mudah Cek Gejala Stroke

Bagaimana agar terhindar dari stroke? Dan apa saja gejala dari stroke?

Liputan6.com, Jakarta Mengetahui gejala stroke lebih awal dapat mengurangi dampak kerusakannya pada tubuh. Namun bagaimana cara mengetahuinya?

Menurut dokter yang tengah bertugas di bagian Neuro Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Dr Haznim Fadhliada tiga cara mudah untuk mengetahui gejala stroke tersebut, yaitu SEGERA. SEGERA merupakan singkatan dari senyum, gerak, dan bicara.

"Kalau enggak bisa senyum atau senyumnya enggak simetris, bisa saja stroke," kata Haznim kepada Health Liputan6.com saat berkunjung ke RSCM, Selasa (25/10/2016).

Setelah itu, Anda bisa mencoba menggerak-gerakkan kedua tangan Anda ke atas, dan bisa juga sambil menutup kedua mata.

"Kalau angkat tangan sambil merem terus tangannya tiba-tiba turun tanpa sadar, berarti ada kemungkinan stroke. Terakhir, coba tes bicara 'aiueo'. Kalau ada masalah dengan tiga hal ini, bisa-bisa ini stroke," katanya.

Jika misalnya Anda melihat ada kesulitan dan keganjilan dari tiga hal tersebut, ia menyarankan agar segera ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) untuk mendapatkan perawatan yang tepat supaya terhindar dari stroke. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.