Sukses

Ingin Perut Six Pack? 6 Makanan Ini Patut Anda Coba

Selain latihan fisik, ada beberapa cara yang harus Anda lakukan yakni mengonsumsi makanan yang dapat membangun otot dan menghilangkan lemak

Liputan6.com, Jakarta Banyak pria yang menginginkan perut rata alias six-pack untuk menunjang penampilan mereka. Fitnes membentuk otot perut adalah jalan yang paling sering ditempuh para pria masa kini untuk membuat perut six-pack.

Namun, selain latihan fisik, ada beberapa cara yang harus Anda lakukan yakni mengonsumsi makanan yang dapat membangun otot dan menghilangkan lemak di perut.

Dilansir Men's Health, Senin (24/10/2016), berikut ini makanan yang dapat membangun otot perut menjadi rata dan gagah.

1. Biji-bijian utuh

Karbohidrat kompleks terutama dari biji-bijian utuh (whole grain) sangat penting untuk memberi tenaga saat latihan otot. Serat dari biji-bijian utuh bisa mengurangi lemak perut dan membuat kenyang di perut sehingga Anda bisa mengurangi makan. Biji-bijian yang paling sering dikonsumsi adalah beras merah dan wheatberries yang mampu membuat perut terisi baik tanpa membuat kembung seperti yang disebabkan oleh beberapa biji-bijian lain.

2. Kacang almond

Kacang almond memilki kandungan magnesium tinggi yang bermanfaat untuk relaksasi otot tubuh. Makanan ini membuat rasa kantuk semakin cepat dengan cara mematikan siklus adrenalin dan meningkatkan rasa kantuk ketika mengonsumsinya. (huffingtonpost.com)

Serat non-fermentasi dalam kacang-kacangan dapat meningkatkan rasa kenyang dan menstabilkan gula darah. Serat ini juga bisa menjaga saluran pencernaan Anda untuk terhindar dari sembelit dan kembung.

Menurut Journal of American Heart Association, makan 30-35 buah almond sehari dapat membantu meruntuhkan lemak perut. Itu karena almond mengandung lebih banyak serat dibanding kacang lainnya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Greek yoghurt

3. Greek yoghurt

Yoghurt. (via: Lambshoppe.com)

Greek yoghurt kaya dengan kalsium dan probiotik yang bisa membantu pembentukan perut six-pack Anda. Selain itu, greek yoghurt mengandung 23 gram protein pembentuk otot. Penelitian European Journal of Clinical Nutrition menunjukkan, orang yang minum minuman susu fermentasi dengan probiobtik setiap hari, jumlah lemak perut yang mengendap di antara otot dan organ tubuhnya jadi hilang. Hindari yoghurt dengan perasa karena mengandung gula yang menimbulkan lemak perut dan retensi cairan di sekitar bagian tengah tubuh Anda. 

4. Teh hijau

teh hijau dan lemon. (via: zdravie.sk)

Teh hijau mengandung kafein dan antioksidan yang bermanfaat untuk mengurangi lemak perut. Antioksidan yang tinggi pada teh hijau meningkatkan jumlah oksigen tubuh Anda yang dapat digunakan sebagai energi saat Anda olahraga. 

 

3 dari 3 halaman

Asparagus

5. Asparagus

Asparagus, sayuran hijau dengan rasa unik yang kaya manfaat.(Foto: lovingthebike.com)

Asparagus mengandung serat probiotik yang tinggi. Serat ini dipenuhi bakteri baik untuk usus Anda dan membantu melawan perut kembung. Asparagus mengandung antioksidan tinggi yang juga dapat membantu menjaga otot-otot inti Anda kuat sementara mencegah kenaikan berat badan terkait peradangan.

6. Bubuk protein whey

Bubuk protein whey merupakan sumber protein yang termasuk dalam rantai cabang asam amino (BCAA). Ini berfungsi untuk mengurangi kerusakan otot akibat olahraga dan meningkatkan pemulihan otot yang membantu latihan Anda membentuk perut six-pack.

Dalam studi yang dipublikasikan The FASEB Journal, pelaku diet yang dua kali lipat mengonsumsi protein, tidak harus dari whey, berhasil menghilangkan lemak lebih banyak dan memelihara lebih banyak otot daripada mereka yang hanya makan makanan bergizi. Apabila Anda alergi susu, protein wheat terbuat dari biji-bijian yang tidak menyebabkan sakit perut atau kembung.


(Aluna Swara)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.