Sukses

5 Cara Hilangkan Komedo di Hidung

Komedo berkembang ketika minyak terjebak di pori-pori.

Liputan6.com, Jakarta Komedo berkembang ketika minyak terjebak di pori-pori. Minyak terkena udara, mengoksidasi dan menjadi hitam. Ini dapat terjadi pada semua jenis kulit.

Tapi komedo memang sering terjadi pada kulit berminyak. Meskipun biasanya komedo kecil, tapi bisa juga menjadi besar.

Komedo dapat dihilangkan dengan ekstraksi, atau menggunakan masker wajah topikal untuk menghapusnya dari hidung. Berikut ini beberapa cara, dilansir laman Livestrong, Senin (24/10/2016).

Langkah 1

Cuci wajah Anda dengan pembersih untuk menghapus riasan, kotoran, minyak, dan kotoran lainnya. Gunakan air panas untuk mentolerir saat mencuci wajah dan secara efektif mengusir muram, melembutkan minyak, serta membuka pori-pori.

Langkah 2

Menggosok lapisan tebal pelembab di hidung. Pelembab akan membantu dalam ekstraksi.

Langkah 3

Tutup hidung Anda dengan plastik. Rendam dua lap dalam air panas dan peras, tempatkan di atas bungkus plastik. Diamkan waslap pada hidung selama lima menit.

Panas dari waslap akan membantu untuk melunakkan minyak, dan puing-puing di pori-pori dan membuat ekstrasi mudah.

Langkah 4

Remas kulit dengan dua jari telunjuk sampai muncul komedo. Gerakkan jari Anda bolak-balik dalam goyangan lembut untuk mengusir puing-puing.

Kalau komedo tidak muncul setelah beberapa upaya, bersihkan daerah tersebut dengan antiseptik. Cobalah hari berikutnya.

Langkah 5

Bersihkan area dengan antiseptik. Penggalian komedo bisa menyebabkan trauma pada kulit. Jadi penting untuk mensterilkan daerah tersebut agar terhindar jaringan parut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini