Sukses

Mudah Tersentuh Lagu Sedih, Tanda Orang Cengeng?

Orang yang mudah tersentuh dengan lagu-lagu sedih cenderung lebih mudah berempati.

Liputan6.com, New York- Saat mendengarkan lagu "My Heart Will Go On" yang dinyanyikan Celine Dion bagaimana perasaan Anda? Apakah ikut terbawa jadi sedih atau biasa saja? Jawaban Anda rupanya bisa memprediksi sifat yang dimiliki.

Dalam studi yang dipublikasikan dalam jurnal Frontiers in Psychology, terungkap bahwa orang yang mudah tersentuh dengan lagu-lagu sedih cenderung lebih mudah berempati, seperti dikutip dari laman NyMag, Senin (24/10/2016).

Kesimpulan ini diketahui setelah peneliti melakukan studi terhadap 102 orang berusia 18-67 tahun untuk mendengarkan musik instrumental "Discover of the Champ" yang berdurasi 8,5 menit. Sesudah mendengarkan, peneliti meminta untuk mengisi kuesioner untuk mengukur empati yang mereka miliki.

Rupanya yang merasakan kesedihan lewat lagu ini cenderung memiliki empati besar terhadap sesuatu. "Apresiasi terhadap musik rupanya melibatkan emosi sosial seseorang," kata salah satu penulis studi, Thomas Eerola.

Peneliti juga belum memahami keterkaitan antara mudah terbawa kesedihan lagu dengan empati yang tinggi. Namun mereka memprediksi rasa sensitif seseorang yang dalam hal ini direpresentasikan lewat musik juga membuat mereka mudah empati.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini