Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Ukuran Vagina Anda Normal atau Tidak?

Bagaimana dengan ukuran vagina wanita?

Liputan6.com, Jakarta Ukuran payudara wanita selalu menjadi perdebatan yang menarik baik pada pria maupun wanita itu sendiri. Lalu, bagaimana dengan ukuran vagina wanita?

Tidak ada yang tahu pasti ukuran vagina yang ideal pada seorang wanita karena vagina bersifat elastis yang dapat melebar secara otomatis. 

Adapun penelitian terbaru oleh peneliti Brook McFadden, asisten profesor pengobatan pelvic di The Ohio State University yang melakukan pengukuran terhadap 168 wanita, berusia rata-rata 57 tahun dengan menggunakan metode Jillian Lloyd, telah melakukan pengukuran terhadap 50 vagina wanita, menunjukkan ukuran rata-rata vagina seperti berikut ini.

1. Labia minora

Bagian ini adalah yang terkecil yakni bibir bagian dalam yang mengelilingi vagina Anda. Saat melebar, lebar labia minora kiri 2,1 cm dan kanan 1,9 cm. Sedangkan panjang rata-rata mencapai 4 cm dengan kisaran 1,2-7,5 cm. Labia minora memiliki panjang yang berbeda-beda pada setiap wanita. Uniknya, bagian kiri dan kanan tidak sama.

Jika Anda sedang mempertimbangkan operasi labia dengan alasan kecantikan, peneliti bahkan tidak tahu apakah itu dapat meningkatkan citra diri Anda.

2. Labia mayora

Ini seperti tanda kurung di sekitar labia minora Anda atau bibir luar vagina. Dari peserta penelitian diketahui bahwa panjang rata-rata labia majora 8,1 cm dengan kisaran 4-11,5 cm. Ketika Anda beranjak tua, labia minora dan mayora akan menjadi lebih kecil.

3. Klitoris

Menurut penelitian McFadden, klitoris memiliki lebar rata-rata 0,2-2,5 cm. Peserta memiliki panjang klitoris rata-rata 1,6 cm. Salah satu temuan yang menarik adalah bahwa peningkatan lebar klitoris dikaitkan dengan kemungkinan orgasme selama berhubungan seks.

4. Saluran vagina

Dilansir women's Health Mag, McFadden belum menemukan hasilnya. Namun, ia berpedoman pada studi 2005 yang menemukan bahwa panjang rata-rata vagina adalah 9,6 cm, dengan kisaran antara 6,5 dan 12,5 cm. Adapun diameter vagina rata-rata adalah 2,1-3,5 cm.

"Satu hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa hanya dua wanita dengan diameter 2,1 cm aktif secara seksual dan keduanya memiliki rasa sakit saat bercinta," kata McFadden. Lebar dan panjang vagina menyesuaikan dengan hubungan seksual dan juga melahirkan.

Inti dari penelitian tersebut adalah, jangan khawatirkan ukuran vagina Anda tidak normal kecuali Anda sedang mengalami ketidaknyamanan atau gangguan fungsi seksual. Ukuran vagina berbeda-beda pada setiap wanita dan yang terpenting adalah ukuran vagina tidak berhubungan dengan tubuh atau citra diri genital Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.