Sukses

Benarkah Makanan Pedas Picu Tumbuhnya Bisul?

Ada begitu banyak mitos kesehatan yang berkembang di masyarakat hingga kini. Tak sedikit bahkan yang masih percaya pada hal-hal tertentu.

Liputan6.com, Jakarta Ada begitu banyak mitos kesehatan yang berkembang di masyarakat hingga kini. Tak sedikit bahkan yang masih percaya pada hal-hal tertentu.

Sebut saja dalam memotong rambut. Seperti dilansir Livescience, masih banyak orang percaya kalau memotong rambut akan membuat rambut lebih lebat.

Nyatanya, menurut para pakar, hal ini tidak terbukti. "Mitos ini sudah dibuktikan ketidakbenarannya. Alasan tumbuh lebih lebat adalah karena dari tiada menjadi ada, sehingga terlihat lebih cepat tumbuh. Kalau lebih tebal sudah dibuktikan ketika membandingkan rambut yang tumbuh setelah dipangkas dengan rambut yang tumbuh tanpa dipangkas, dan keduanya tidak ada perbedaan. Dan jika rambut lebih hitam alasannya adalah karena mereka belum terpapar matahari," tulis para ahli.

Berikut ini, ada beberapa mitos yang masih berkembang dan terus ada hingga kini:

1. Bisul terjadi karena makanan pedas dan stres

Ini tidak benar. Bisul terjadi karena infeksi bakteri pada folikel (akar) rambut di kulit yang disebabkan oleh bakteri stafilokokus yang berhubungan dengan kebersihan seseorang. Sama sekali tidak ada kaitannya dengan makanan.

2. Wanita tidak akan hamil selama menstruasi

Kenyataannya, sperma masih dapat hidup dalam rahim hingga seminggu dan ovulasi dapat terjadi segera setelah atau saat fase perdarahan menstruasi. Jadi kemungkinan Anda dapat hamil jika berhubungan seks saat haid atau sesaat sebelum haid selesai. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rambut basah bikin sakit

3. Rambut basah bikin sakit

Ini keliru, yang menyebabkan seseorang sakit adalah kuman (bakteri dan virus), bukan perubahan suhu di kepala atau rambut basah. Peneliti menemukan bahwa kuman di suhu dingin dapat bereplika dan menghancurkan respon imun antiviral tubuh.

4. Sup bisa menyembuhkan semua penyakit

Itu tidak benar. Sup hanya membuat nyaman, tidak menyembuhkan. Tapi, sup bisa disebut sebagai plasebo. Dengan kata lain, sup bisa meyakinkan Anda lekas sembuh.

5. Makan malam membuat gendut

Meskipun makan di malam hari sering dikaitkan dengan obesitas, tapi tidak selalu menyebabkan obesitas.

6. Mengonsumsi probiotik bantu mencegah pilek

Konsumsi probiotik tidak akan membuat Anda sakit, tapi juga tidak mencegah Anda terkena pilek. Masih belum ada penelitian pastinya mengenai hal ini.

7. Bayi demam jika tumbuh gigi

Ini tidak benar. Memang belum ada penelitian yang menjelaskan hubungan yang kuat antara gigi dan demam bayi. Jadi, sebaiknya segeralah periksakan bayi Anda ke dokter atau bidan jika bayi Anda demam.

8. Kehamilan terjadi selama 9 bulan

Sebenarnya, kehamilan terjadi selama 9 bulan setengah, menurut penelitian. Dokter biasanya menghitung kehamilan selama 40 minggu dimulai dari hari pertama haid terakhir. Tapi wanita mulai subur sejak 10-16 hari dari awal mereka haid. Dari perhitungan ini, dua minggu pertama pada kehamilan juga dihitung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.