Sukses

Bagaimana Rawat Bibir Kering dan Pecah-Pecah?

Bibir yang kering serta pecah-pecah, memang bisa mengganggu penampilan Anda. Namun apa ya penyebabnya?

Liputan6.com, Jakarta Bibir yang kering serta pecah-pecah bisa mengganggu penampilan Anda. Namun apa ya penyebabnya?

Selain karena terpapar matahari, angin, atau udara dingin, ternyata bibir pecah-pecah disebabkan karena kehilangan kelembabannya, maka kulit yang melapisinya menjadi kering dan pecah-pecah.

Jika mengalaminya, jangan mengelupas atau menggigiti kulit bibir yang mengering, karena hal ini malah akan membuat bibir berdarah dan sembuh lebih lama. Selain itu, hal ini juga bisa mengiritasi kuit hingga memicu cold sore (lepuhan kecil di bibir yang menyakitkan), jika tubuh Anda rentan mengalaminya.

Bahkan menjilat terus menerus bibir yang kering dan pecah-pecah, malah akan membuatnya semakin mengering. Ini akibat air liur yang menguap akan menghilangkan minyak alami kulit. 

Cara terbaik yang bisa Anda lakukan jika memiliki bibir kering dan pecah-pecah adalah menerapkan lip balm yang mengandung petroleum dan beeswax. Mungkin perlu juga untuk mencoba beberapa produk yang berbeda, hingga mendapatkan produk yang cocok untuk Anda.

Lip balm bisa digunakan sebagai perisai untuk melindungi bibir Anda, terutama dalam melawan infeksi. Misalnya, jika Anda suka menghabiskan banyak waktu di luar ruangan, pilih lip balm yang mengandung minimal SPF15 untuk membantu melindungi bibir Anda dari paparan sinar matahari. Jika cuaca sedang dingin, menutupi bibir dengan syal juga dapat membantu mencegah bibir menjadi kering.

Jika bibir yang pecah-pecah disertai dengan kemerahan atau rasa nyeri akibat infeksi, lebih baik segera kunjungi dokter Anda. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh bakteri atau jamur, dan terjadi di sekitar sudut mulut. Dokter mungkin akan memberikan resep antibitik atau krim anti jamur, untuk mengobati infeksi tersebut, seperti dilansir dari Nhs, Jumat (21/10/2016).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini